PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VA SD NEGERI 1 PALAPA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Nawardi BZ, MEIRISTY TIA NAGA (2014) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VA SD NEGERI 1 PALAPA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (170Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (123Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (665Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (2851Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai mid semester sebesar 60 pada mata pelajaran IPS tahun pelajaran 2012/2013. Hal tersebut diketahui dari hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas VA SD Negeri 1 Palapa Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan model cooperative learning tipe rotating trio exchange. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat langkah yaitu (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi dan tes, menggunakan lembar panduan observasi aktivitas siswa dan kinerja guru yang dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif serta soal-soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa yang dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe rotating trio exchange dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata aktivitas pada siklus I (52,08), pada siklus II (66,65) peningkatan dari siklus I dan siklus II sebesar 14,57, sedangkan nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus III sebesar (84,67) peningkatan dari siklus II dan siklus III sebesar 18,02. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (60,95), pada siklus II (70,23) peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I dan II sebesar 9,28, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus III sebesar (80,71) dan peningkatan dari siklus II dan III sebesar 10,48. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I (33,33%), pada siklus II (61,90%), dan pada siklus III sebesar (90,47%) Kata Kunci: aktivitas, hasil belajar siswa, cooperative learning, rotating trio exchange, IPS.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: Robidin
Date Deposited: 03 Feb 2014 04:02
Terakhir diubah: 03 Feb 2014 04:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/630

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir