Casep Asnawi, MUALIMIN (2014) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA SISWA KELAS IV SDN 1 MADA JAYA KECAMATAN KEDONDONG KABUPATEN PESAWARAN. FKIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (159Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (426Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (539Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip Download (2828Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Kondisi siswa di SDN 1 Mada Jaya sebagian besar memiliki latar belakang ekonomi menengah kebawah, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran rendah. Rendahnya hasil belajar IPS disebabkan guru masih banyak yang mengajar dengan metode lama, sehingga peserta didik merasa bosan dengan model pembelajaran tersebut, sehingga hasil belajar peserta didik berkurang. Berdasarkan latar belakang yang dikemukakan maka identifikasi masalah adalah. (1) Guru lebih banyak menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas dan jarang menggunakan metode diskusi dalam pembelajaran IPS. (2) Prestasi belajar IPS banyak yang rendah atau belum mencapai kriteria ketuntasan kelas. (3) Siswa sulit memahami materi yang dipelajari karena guru jarang menerapkan metode baru dalam pembelajaran IPS. Masalah Penelitan ini dapat dirumuskan “Bagaimana meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa Kelas IV SDN 1 Mada Jaya Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran dengan menggunakan model pembelajaran Interaktif adalah dengan memberi contoh berdasarkan benda nyata dan kemudian peserta didik bisa melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari dalam hidup yang bermasyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Analisis data menggunakan Kualitatif dan Kuantitatif. Berdasarkan dari hasil penelitian bahwa pembelajaran melalui model Interaktif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV SDN Mada Jaya. Sedangkan saran yang ingin disampaikan peneliti adalah untuk guru (1) Untuk dapat mengatasi rendahnya aktivitas belajar siswa hendaknya guru dapat membangun minat siswa melalui media pembelajaran yang menyenangkan sehingga siswa termotivasi untuk lebih giat belajar. (2) Menciptakan suasana pembelajaran aktif, inovatif, efektif dan menyenangkan secara berkesinambungan agar dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Saran untuk siswa adalah agar siswa dapat lebih aktif dalam memahami materi pembelajaran yang diberikan guru. Kata kunci: Aktivitas belajar, hasil belajar IPS, model pembelajaran interaktif
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > H Social Sciences (General) > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | Robidin |
Date Deposited: | 03 Feb 2014 04:03 |
Terakhir diubah: | 03 Feb 2014 04:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/632 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |