MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA SISWA KELAS IV SDN 1 MADA JAYA KECAMATAN KEDONDONG KABUPATEN PESAWARAN

Casep Asnawi, MUALIMIN (2014) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA SISWA KELAS IV SDN 1 MADA JAYA KECAMATAN KEDONDONG KABUPATEN PESAWARAN. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (159Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (426Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (539Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (2828Kb)

Abstrak

Kondisi siswa di SDN 1 Mada Jaya sebagian besar memiliki latar belakang ekonomi menengah kebawah, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran rendah. Rendahnya hasil belajar IPS disebabkan guru masih banyak yang mengajar dengan metode lama, sehingga peserta didik merasa bosan dengan model pembelajaran tersebut, sehingga hasil belajar peserta didik berkurang. Berdasarkan latar belakang yang dikemukakan maka identifikasi masalah adalah. (1) Guru lebih banyak menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas dan jarang menggunakan metode diskusi dalam pembelajaran IPS. (2) Prestasi belajar IPS banyak yang rendah atau belum mencapai kriteria ketuntasan kelas. (3) Siswa sulit memahami materi yang dipelajari karena guru jarang menerapkan metode baru dalam pembelajaran IPS. Masalah Penelitan ini dapat dirumuskan “Bagaimana meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa Kelas IV SDN 1 Mada Jaya Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran dengan menggunakan model pembelajaran Interaktif adalah dengan memberi contoh berdasarkan benda nyata dan kemudian peserta didik bisa melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari dalam hidup yang bermasyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Analisis data menggunakan Kualitatif dan Kuantitatif. Berdasarkan dari hasil penelitian bahwa pembelajaran melalui model Interaktif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV SDN Mada Jaya. Sedangkan saran yang ingin disampaikan peneliti adalah untuk guru (1) Untuk dapat mengatasi rendahnya aktivitas belajar siswa hendaknya guru dapat membangun minat siswa melalui media pembelajaran yang menyenangkan sehingga siswa termotivasi untuk lebih giat belajar. (2) Menciptakan suasana pembelajaran aktif, inovatif, efektif dan menyenangkan secara berkesinambungan agar dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Saran untuk siswa adalah agar siswa dapat lebih aktif dalam memahami materi pembelajaran yang diberikan guru. Kata kunci: Aktivitas belajar, hasil belajar IPS, model pembelajaran interaktif

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Robidin
Date Deposited: 03 Feb 2014 04:03
Last Modified: 03 Feb 2014 04:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/632

Actions (login required)

View Item View Item