Bangun Susilo, MUTIARA (2014) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IVA SD NEGERI 3 KARANG ENDAH LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013. FKIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (113Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1147Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip Download (39Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn siswa kelas IVA SD Negeri 3 Karang Endah Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013 yang diketahui dari hasil observasi. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVA SD Negeri 3 Karang Endah Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013 pada mata pelajaran PKn melalui penerapan model cooperative learning tipe make a match dengan media gambar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes, dengan menggunakan lembar observasi serta soal-soal tes yang dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe make a match dengan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVA SD Negeri 3 Karang Endah Lampung Tengah Tahun Pelalajaran 2012/2013. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (53,61) kemudian meningkat sebesar 11,12 menjadi (64,73) pada siklus II, kemudian meningkat kembali sebesar 15,32 menjadi (80,05) pada siklus III. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (51,6) meningkat sebesar 10,88 menjadi (62,48) pada siklus II, kemudian meningkat kembali sebesar 12,75 menjadi (75,23) pada siklus III. Persentase ketuntasan belajar pada siklus I (54,17%), meningkat sebesar 12,50% menjadi (66,67%) di siklus II dan mengalami peningkatan kembali sebesar 16,66% menjadi (83,33%) pada siklus III. Kata kunci : Model Cooperative Learning tipe Make A Match, Media Gambar, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, PKn
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > H Social Sciences (General) > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | Robidin |
Date Deposited: | 03 Feb 2014 04:03 |
Terakhir diubah: | 03 Feb 2014 04:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/634 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |