PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IVA SD NEGERI 3 KARANG ENDAH LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Bangun Susilo, MUTIARA (2014) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IVA SD NEGERI 3 KARANG ENDAH LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (113Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1147Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (39Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn siswa kelas IVA SD Negeri 3 Karang Endah Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013 yang diketahui dari hasil observasi. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVA SD Negeri 3 Karang Endah Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013 pada mata pelajaran PKn melalui penerapan model cooperative learning tipe make a match dengan media gambar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes, dengan menggunakan lembar observasi serta soal-soal tes yang dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe make a match dengan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVA SD Negeri 3 Karang Endah Lampung Tengah Tahun Pelalajaran 2012/2013. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (53,61) kemudian meningkat sebesar 11,12 menjadi (64,73) pada siklus II, kemudian meningkat kembali sebesar 15,32 menjadi (80,05) pada siklus III. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (51,6) meningkat sebesar 10,88 menjadi (62,48) pada siklus II, kemudian meningkat kembali sebesar 12,75 menjadi (75,23) pada siklus III. Persentase ketuntasan belajar pada siklus I (54,17%), meningkat sebesar 12,50% menjadi (66,67%) di siklus II dan mengalami peningkatan kembali sebesar 16,66% menjadi (83,33%) pada siklus III. Kata kunci : Model Cooperative Learning tipe Make A Match, Media Gambar, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, PKn

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > H Social Sciences (General)
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: Robidin
Date Deposited: 03 Feb 2014 04:03
Terakhir diubah: 03 Feb 2014 04:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/634

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir