PENGARUH MOTIVASI GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMAN 1 WARKUK RANAU SELATAN

RIYO TRINANDO , 1513032008 (2022) PENGARUH MOTIVASI GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMAN 1 WARKUK RANAU SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1258Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1260Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi guru pendidikan kewarganegaraan terhadap kedisiplinan peserta didik di SMAN 1 Warkuk Ranau Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Subjek penelitian Guru Pendidikan Kewarganegaraan SMAN 1 Warkuk Ranau Selatan dan Peserta didik-siswi SMAN 1 Warkuk Ranau Selatan, yang dipilih dengan teknik Kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian pengaruh peranan guru Pendidikan Kewarganegaraan sebagai motivator terhadap hasil belajar Peserta didik di SMAN 1 Warkuk Ranau Selatan. Dari hasil analisis tersebut terlihat bahwa nilai rhitung > rtabel yaitu 0,408 > 0,361 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa kedua variabel tersebut berkorelasi. Koefisien korelasi ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang rendah antara peranan guru Pendidikan Kewarganegaraan sebagai motivator dan hasil belajar peserta didik di SMAN 1 Warkuk Ranau Selatan. Saran, guru Pendidikan Kewarganegaraan diharapkan mampu mengidentifikasi peserta didik yang hasil belajarnya masih rendah kemudian memberikan motivasi kepada peserta didik agar peserta didik mampu meningkatkan hasil belajarnya dengan baik.. Kata Kunci: Pengaruh, Guru, Pendidikan Kewarganegaraan, Kedisiplinan. This study aims to determine the effect of civics education teacher motivation on student discipline at SMAN 1 Warkuk Ranau Selatan. The research method used is quantitative. The research subjects were Citizenship Education Teachers at SMAN 1 Warkuk Ranau Selatan and students at SMAN 1 Warkuk Ranau Selatan, which were selected using the Questionnaire. Based on the results of the study, the influence of the role of the Civic Education teacher as a motivator on the learning outcomes of students at SMAN 1 Warkuk Ranau Selatan. From the results of the analysis, it can be seen that the value of rarithmetic > rtable is 0.408 > 0.361, then Ho is rejected and Ha is accepted, which means that the two variables are correlated. This correlation coefficient indicates that there is a low positive relationship between the role of Citizenship Education teachers as motivators and student learning outcomes at SMAN 1 Warkuk Ranau Selatan. Suggestions, Citizenship Education teachers are expected to be able to identify students whose learning outcomes are still low and then provide motivation to students so that students are able to improve their learning outcomes well. Keywords: Influence, Teachers, Citizenship Education, Discipline.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: 2203646534 . Digilib
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:22
Terakhir diubah: 23 Jun 2022 01:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63520

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir