PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR

NOVAL TRI JAYA, 1823053015 (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (135Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2485Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2005Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk LKPD berbasis realistic mathematic education yang valid dan efektif untuk meningkatkan hasil peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang merujuk teori R&D Borg & Gall. Populasi penelitian adalah peserta didik V SD di Desa Karang Endah Kecamatan Terbanggi Besar Kota Lampung. Sampel penelitian yang ditentukan dengan purposive sampling adalah 24 peserta didik kelas V SD Negeri 1 Karang Endah. Data dikumpulkan melalui lembar angket dan soal tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa LKPD berbasis realistic mathematic education layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi ahli materi diperoleh nilai 77% (layak) dan ahli desain memperoleh nilai 72% (layak). Dan praktisi materi satu dan dua memperoleh nilai 81% (sangat layak). Praktisi desain satu mendapatkan skor 83% (sangat baik), paktisi desain dua mendapatkan skor 79% (Layak). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil pretes dan postes dengan rata-rata N-Gain sebesar 70% (cukup efektif) hal ini berarti LKPD berbasis realistic mathematic education Sangat layak dan Efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SD. This study aims to develop valid and effective LKPD products based on realistic mathematics education to improve student outcomes. The type of research used is research and development which refers to the R&D theory of Borg & Gall. The population of the study was elementary school students in Karang Endah Village, Terbanggi Besar District, Lampung City. The research sample determined by purposive sampling was 24 students of class V SD Negeri 1 Karang Endah. Data were collected through questionnaires and test questions. The results showed that the LKPD based on realistic mathematics education was feasible and effective to improve student learning outcomes. This is evidenced by the results of the material expert's validation obtained a score of 77% (feasible) and the design expert obtaining a score of 72% (adequate). And practitioners of materials one and two obtained a score of 81% with the criteria (very feasible). Design practitioner one got a score of 83% (very good), and design practitioner two got a score of 79% (Decent). The results showed that there was an increase in the results of the pretest and posttest with an average N-Gain of 70% (effective enough) this means that LKPD based on realistic mathematic education is very feasible and effective to improve the learning outcomes of fifth-grade elementary school students

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2203969859 . Digilib
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:49
Terakhir diubah: 23 Jun 2022 01:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63531

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir