Pengaruh aktivitas dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar tematik kelas V SD Muhammadiyah Metro Pusat

Sabilah, Nisa (2022) Pengaruh aktivitas dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar tematik kelas V SD Muhammadiyah Metro Pusat. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3052Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2897Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Metro Pusat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh yang positif dan signifikan antara aktivitas dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar tematik peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode ex-post facto korelasi. Populasi berjumlah 206 orang peserta didik dan sampel berjumlah 70 orang peserta didik. Teknik pengumpul data menggunakan observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan angket. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling yaitu proportionate stratified random sampling. Analisis data menggunakan uji parsial dan regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara aktivitas belajar dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar tematik peserta didik yaitu dengan fhitung sebesar 22,7 dan koefisien determinasi (r2) 51%. Kata kunci: aktivitas belajar peserta didik, hasil belajar tematik, kecerdasan emosional ABSTRACT The problem in this research is the low thematic learning outcomes of the fifth grade students of SD Muhammadiyah Metro Pusat. The purpose of this study was to describe and analyze the positive and significant influence between activity and emotional intelligence on students' thematic learning outcomes. This type of research is quantitative whit the ex-post facto correlation method. The population is 206 students and the sample is 70 students. Data collection techniques using observation, interviews, documentation studies, and questionnaires. The sampling technique used is a probability sampling technique, namely proportionate stratified random sampling. Data analysis using partial test and multiple regression. Based on the results of the study, it showed that there was a positive and significant influence between learning activities and emotional intelligence on students thematic learning outcomes, with fcount 22,7 and coefficient of determination (r2) 51%. Keywords: emotional intelligence, student learning activities, thematic learning outcomes

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2203196963 . Digilib
Date Deposited: 24 Jun 2022 01:42
Terakhir diubah: 24 Jun 2022 01:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63627

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir