EFEKTIVITAS FUNGSI KESEJAHTERAAN SOSIAL DALAM PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (STUDI KELURAHAN SEGALA MIDER KOTA BANDAR LAMPUNG)

Trahadi Wicaksono, 1516021142 (2022) EFEKTIVITAS FUNGSI KESEJAHTERAAN SOSIAL DALAM PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (STUDI KELURAHAN SEGALA MIDER KOTA BANDAR LAMPUNG). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (152Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3041Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2812Kb) | Preview

Abstrak

PKH merupakan program bantuan dan perlindungan sosial yang termasuk dalam klaster I strategi penanggulangan kemiskinan di Indonesia. Program ini merupakan bantuan tunai bersyarat yang berkaitan dengan persyaratan pendidikan dan kesehatan. Kelurahan Segala Mider Kecamatan Tanjung Karang Barat, merupakan salah satu wilayah yang mendapatkan bantuan Program Keluarga Harapan. Meskipun telah beberapa tahun berjalan, namun program ini dinilai belum tepat sasaran. Menurut beberapa masyarakat yang menerima PKH di Kelurahan Segala Mider program PKH belum merata di Kelurahan Segala Mider karena masih banyak masyarakat miskin di Kelurahan Segala Mider yang seharusnya dibantu juga tetapi tidak dapat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Program Keluarga Harapan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Di Kelurahan Segala Mider. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini akan difokuskan pada “Efektivitas Program Keluarga Harapan Dalam Upaya Menuntaskan Kemiskinan di Kelurahan Segala Mider. Penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh Fahrudin, terkait kesejahteraan sosial, yaitu suatu sistem yang memberikan pelayanan-pelayanan sosial kepada individu, kelompok, maupun masyarakat. Dengan demikian, PKH dapat dimanifestasikan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu atau terlambat dalam melaksanakan tugas-tugas kehidupannya baik secara ekonomi maupun sosialnya. Hasil dari penelitian ini adalah PKH ini sangat berperan penting dalam masyarakat dengan memberi bantuan setiap triwulannya kepada RTSM peserta PKH, dan masyarakat merasa sangat terbantu. Namun, Kurang koordinasi dari beberapa pihak sehingga terjadinya belum meratanya masyarakat yang kurang mampu belum mendapatkan bantuan PKH ini. Meskipun masih terdapat keluarga miskin yang belum mendapatkan bantuan program, namun program ini terbukti dapat menanggulangi kemisikinan. Dari 475 penerima PKH pada tahun 2021, berkurang menjadi 425 penerima bantuan di tahun 2022, sebanyak 50 orang yang pada tahun sebelumnya menjadi penerima bantuan, dinyatakan sudah berada dalam taraf ekonomi yang cukup baik, sehingga tidak perlu lagi mendapatkan bantuan program. Kata Kunci : Efektifitas, Program Keluarga Harapan, Kemiskinan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Pemerintahan
Pengguna Deposit: 2203188686 . Digilib
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:45
Terakhir diubah: 24 Jun 2022 02:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63660

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir