PENGEMBANGAN LKPD MATEMATIKA BERBASIS MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

ROSULAWATI, HENISA (2022) PENGEMBANGAN LKPD MATEMATIKA BERBASIS MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1059Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (973Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran matematika peserta didik kelas V dibuktikan dari hasil analisis kebutuhan peserta didik dan pendidik sebanyak 66,67 % menyatakan belum memfasilitasi aspek berpikir kritis. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD matematika berbasis means end analysis yang layak dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V Sekolah Dasar di Gugus Raden Imba Kecamatan Kotagajah, Kabupaten Lampung Tengah. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling terdiri dari 22 peserta didik pada satu kelas di SDN 3 Kotagajah. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui angket dan tes hasil belajar berpikir kritis. Prosedur penelitian pengembangan ini modifikasi langkah dari Borg and Gall yang hanya dilakukan sampai pada tahap ke-7 (tujuh) dengan uji ahli materi, ahli media ,ahli bahasa dan praktisi untuk mengukur kelayakan produk. Analisis data dilakukan menggunakan perolehan N-Gain untuk menentukan efektifitas produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD pembelajaran berbasis means ends analysis layak dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V Sekolah Dasar dengan perolehan N-Gain rata-rata sebesar 0,71 dengan kategori tinggi.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2203124281 . Digilib
Date Deposited: 23 Jun 2022 06:46
Terakhir diubah: 23 Jun 2022 06:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63687

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir