M.Ramli, Siti Aisyah (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DI KELAS V SDN 2 MERAK BATIN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. FKIP, Universitas Lampung.
Archive
LAMPIRAN.zip Download (10Mb) |
||
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (117Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2080Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil observasi awal pembelajaran di kelas V pada SDN 2 Merak Batin diperoleh bahwa kualitas aktivitas dan hasil belajar siswa di bawah KKM. Untuk itu dilakukan perbaikan pembelajaran melalui PTK dengan tujuan untuk meningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA pada pembelajaran materi magnet menggunakan alat peraga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang bersifat reflektif dan kolaboratif. Penelitian tindakan kelas ini, terdiri atas dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan siswa dalam proses pembelajaran, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan alat perga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami magnet. Pada siklus I dalam pembelajaran materi mgnet dengan menggunakan alat peraga diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 53,5 dan presentase ketuntasan belajar sebesar 60,6 % sisanya 39,4 % dibawah KKM. Sedangkan rata-rata aktivitas siswa 59,1 atau 20 anak aktif mengikuti pelajaran. .Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 62,8 dan presentase ketuntasan belajar sebesar 72,7 % sisanya 27,3 % dibawah KKM. Sedangkan rata-rata aktivitas siswa 70,8 atau 24 siswa aktif mengikuti pelajaran Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, alat peraga
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | Robidin |
Date Deposited: | 03 Feb 2014 04:03 |
Terakhir diubah: | 03 Feb 2014 04:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/637 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |