Susi Anggoro Kasih, 0923011071 (2014) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI MEDIA REALIA PADA SISWA KELAS VII SMPN 2 MENGGALA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRACT.pdf Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (137Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (136Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (138Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (145Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (140Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SAN WACANA.pdf Download (74Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR DIAGRAM.pdf Download (3369b) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (99Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (157Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (384Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (409Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (64Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRACT This research objectives aim to: (1) designing learning implementation plan with media use realia, (2) analyze the media use realia in learning science, (3) analyze the evaluation system with utilizing media realia, and (4) Analyzing the achievements of student learning through the use of media realia in learning science. The research action class in three cycles. The first cycle with realia media prepared by the teacher. The second cycle with realia media around the school environment. Third cycle studies with media realia prepared by students from the surrounding neighborhood with implementing the learning through observation and discussion. Engineering data collection by observation and tests. Data analyzed by quantitative descriptive. The results showed that: (1) the lesson plan designed with student centered learning by leveraging media realia in observation and discussion groups the achievements and activities can increase student learning, (2) the use of realia sourced from media environment around student learning model can increase the learning activities of students in working for student’s worksheet, writing material that is important, ask questions, discuss, and expresses his opinion, (3) evaluation system with observation and tests are written in the form of subjective tests 10 grains and (4) an increase in the learning achievements of students VIIA 53,13% in the first cycle 71,88% in the second cycle is increased to 100% in the third cycle and in VIIB class 56% in the first cycle is increased to 69% in second cycle and 100% in the third cycle. keywords : student learning achievement, media of realia, and science ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendesain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan penggunaan media realia, (2) menganalisis penggunaan media realia dalam pembelajaran IPA, (3) menganalisis sistem evaluasi dengan memanfaatkan media realia, dan (4) menganalisis prestasi belajar siswa melalui penggunaan media realia dalam pembelajaran IPA. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam 3 siklus. Siklus pertama dengan media realia yang disiapkan oleh guru, siklus kedua dengan media realia yang ada di sekitar lingkungan sekolah, dan siklus ketiga dengan media realia yang disiapkan oleh siswa dari lingkungan sekitar tempat tinggal dengan metode observasi dan diskusi. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) RPP didesain dengan metode pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan memanfaatkan media realia dengan observasi dan diskusi kelompok, (2) Penggunaan media realia meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam mengerjakan LKS, mencatat materi yang penting, mengajukan pertanyaan, berdiskusi, dan mengemukakan pendapatnya, (3) Sistem evaluasi dengan observasi dan tes tertulis dalam bentuk tes subyektif 10 butir soal, dan (4) Terjadi peningkatan prestasi belajar pada siswa kelas VIIA 53,13% pada siklus kesatu meningkat 71,88% pada siklus kedua dan 100% pada siklus ketiga, sedangkan pada kelas VIIB 56% pada siklus kesatu meningkat 69% pada siklus kedua dan 100% pada siklus ketiga. Kata kunci : prestasi belajar siswa, media realia, dan IPA
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan |
Pengguna Deposit: | 0791609 . Digilib |
Date Deposited: | 18 Feb 2015 04:52 |
Terakhir diubah: | 18 Feb 2015 04:52 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/6386 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |