PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS THINGLINK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK

KAROMAH AL ADAWIYAH, UMI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS THINGLINK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2088Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (945Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS THINGLINK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK Oleh: Umi Karomah Al Adawiyah Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis Thinglink yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Proses pengembangan media ini menggunakan model penelitian dan pengembangan ADDIE (analyze, design, develop, implement, dan evaluate). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sukoharjo Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2021/2022. yang dipilih dengan teknik (cluster random sampling). Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket dan tes kemampuan komunikasi matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek kevalidan media pembelajaran berbasis thinglink termasuk dalam kategori valid dengan nilai rata-rata 83%. Aspek kepraktisan termasuk dalam kategori praktis dengan skor rata-rata respon guru 88% dan skor rata-rata respon peserta didik 89%. Tingkat keefektifan media pembelajaran berbasis thinglink terhadap kemampuan komunikasi matematis menggunakan uji-t dengan hahsil t hitung 2,477 > t tabel 1,995 dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis thinglink memberikan pengaruh terhadap peningkatan komunikasi matematis. Kata Kunci: media pembelajaran, thinklink, kemampuan komunikasi matematis. ABSTRACT DEVELOPMENT OF THINGLINK-BASED LEARNING MEDIA TO IMPROVE STUDENT'S MATHEMATIC COMMUNICATION ABILITY By: Umi Karomah Al Adawiyah This research is a development research that aims to produce products in the form of Thinglink-based learning media that are valid, practical and effective in improving students' mathematical communication skills. This media development process uses the ADDIE research and development model (analyze, design, develop, implement, and evaluate). The research subjects were students of class XI SMA Negeri 1 Sukoharjo, Pringsewu Regency, in the 2021/2022 academic year. selected by technique (cluster random sampling). Collecting data using interview techniques, questionnaires and tests of mathematical communication skills. The data analysis technique used is descriptive statistics and t-test. The results showed that the aspect of the validity of the thinglink-based learning media was included in the valid category with an average value of 83%. The practical aspect is included in the practical category with an average teacher response score of 88% and an average student response score of 89%. The level of effectiveness of thinglink-based learning media on mathematical communication skills using ttest with the results tcount 2,477 > ttable 1,995, it can be concluded that thinglinkbased learning media has an effect on increasing understanding of mathematical communication. Keywords: learning media, thinklink, mathematical communication skill.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 303 Proses sosial
300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Magister Ilmu Matematika
Pengguna Deposit: 2203886098 . Digilib
Date Deposited: 28 Jun 2022 00:53
Terakhir diubah: 28 Jun 2022 00:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63942

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir