PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS

ISMI DESHAYATI , 1823021009 (2022) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (171Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2173Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1723Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS Oleh Ismi Deshayati Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKPD berbasis Problem Based Learning yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik. Proses pengembangan media ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA N 1 Gunung Alip Tahun Pelajaran 2021/2022. Subjek pada penelitian ini dipilih dengan teknik (cluster random sampling). Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket dan tes kemampuan reflektif matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji-t. Berdasarkan penelitian diperoleh data hasil validasi LKPD berbasis Problem Based Learning oleh dua validator mendapatkan nilai rata-rata 79,86 dengan kriteria valid. Sedangkan hasil tanggapan guru dan siswa terkait LKPD berbasis Problem Based Learning memperoleh presentase 88,15 % dan 84,82 % dengan kriteria praktis. Hasil Uji-t menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan efektif meninkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik. Sehingga LKPD berbasis Problem Based Learning dapat digunakan sebagai bahan ajar alternatif dalam pembelajaran untuk membantu meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik. Kata Kunci: LKPD, Problem Based Learning, reflektif matematis.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial
300 Ilmu sosial > 303 Proses sosial
300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Magister Ilmu Matematika
Pengguna Deposit: 2203242247 . Digilib
Date Deposited: 13 Jul 2022 01:41
Terakhir diubah: 13 Jul 2022 01:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64099

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir