EVALUASI KESIAPAN PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG DALAM AKREDITASI PERPUSTAKAAN

CHIKA ARIANI , 1906081025 (2022) EVALUASI KESIAPAN PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG DALAM AKREDITASI PERPUSTAKAAN. [Diploma/Tugas Akhir]

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (216Kb) | Preview
[img] File PDF
TUGAS AKHIR FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
TUGAS AKHIR TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1666Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Akreditasi perpustakaan bertujuan untuk mendorong perpustakaan agar selalu meningkatkan kinerjanya menuju standar yang telah ditentukan dengan pengakuan formal. Akreditasi perpustakaan ditujukan kepada perpustakaan sekolah, maka akreditasi perpustakaan sekolah berarti kegiatan untuk menilai kualitas sebuah perpustakaan sekolah yang dilaksanakan oleh lembaga berwenang dengan menggunakan kriteria tertentu. Dalam Tugas Akhir ini membahas tentang evaluasi kesiapan perpustakaan SMA Negeri 8 Bandar Lampung dalam akreditasi perpustakaan dengan menggunakan Peraturan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2018 Tentang Instrumen Akreditasi Perpustakaan Sekolah Menengah Atas yang berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan Nomor 12 Tahun 2017. Penulisan ini menggunakan metode kualitatif melalui kuesioner, observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Terdapat 6 komponen dalam instrumen akreditasi perpustakaan yaitu koleksi perpustakaan, sarana dan prasarana perpustakaan, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan dan pengelolaan perpustaakaan, dan penguat serta ditambahkan berdasarkan standar nasional perpustakaan berupa teknologi informasi dan komunikasi. Hasil menyatakan bahwa perpustakaan SMA Negeri 8 Bandar Lampung hanya 60,5 % yang sudah sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan Tahun 2017 sehingga menunjukkan kurangnya kesiapan dalam proses akreditasi perpustakaan. Kata kunci: Evaluasi, Instrumen Akreditasi Perpustakaan Sekolah, Standar Nasional Perpustakaan Nomor 12 Tahun 2017 Library accreditation aims to encourage libraries to always improving its performance towards predetermined standards with recognition Formal. Library accreditation is addressed to the school library, then accreditation school library means an activity to assess the quality of a school library which is implemented by authorized institutions using certain criteria. In this Final Project discusses the evaluation of the readiness of the SMA Negeri 8 library Bandar Lampung in library accreditation using regulations National Library of the Republic of Indonesia Number 9 of 2018 Concerning Instruments Accreditation of High School Libraries based on National Standards Library Number 12 of 2017. This writing uses qualitative methods through questionnaires, observations, interviews, documentation, and literature studies. There are 6 components in library accreditation instruments, namely library collections, facilities and library infrastructure, library services, library personnel, maintenance and management of libraries, and strengthening and adding based on national library standards in the form of information and communication technology. The results stated that the library of SMA Negeri 8 Bandar Lampung was only 60.5% which is in accordance with the 2017 National Library Standards so that indicates a lack of readiness in the library accreditation process. Keywords: Evaluation, School Library Accreditation Instruments, Standards National Library Number 12 of 2017

Jenis Karya Akhir: Diploma/Tugas Akhir
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi D3 Perpustakaan
Pengguna Deposit: 2203872395 . Digilib
Date Deposited: 18 Jul 2022 01:46
Terakhir diubah: 18 Jul 2022 01:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64128

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir