PENGEMBANGAN E-MODUL PJOK BERBASIS PEMBELAJARAN SAVI PADA MATERI LARI JARAK PENDEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

BAYU WAHYUDI , 2023011005 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL PJOK BERBASIS PEMBELAJARAN SAVI PADA MATERI LARI JARAK PENDEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (321Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3861Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

The purpose of this study was to develop and test the effectiveness, efficiency and attractiveness of the PJOK e-module based on SAVI learning on short-distance running material. The type of research used is development (R&D). The research and development steps are: (1) potential and problems, (2) data collection, (3) product design, (4) product validation, (5) product improvement, and (6) product trial. The research subject is class X Mathematics and Natural Sciences at SMA Negeri 1 Abung Tengah TP 2021/2022 with data collection techniques of observation, interviews, questionnaires, tests and documentation. Data analysis techniques include analysis of evaluation instruments, expert validation analysis, analysis of learning outcomes, efficiency and attractiveness analysis. The research results obtained include: (1) The potential of SMA Negeri 1 Abung Tengah students supports the development of learning using e-modules in PJOK subjects that require an understanding that is visualized with practical activities by utilizing existing school facilities by being integrated into the SAVI learning model; (2) The development process using (R&D) which was carried out until stage 6 obtained the results of the PJOK e-module product based on SAVI learning on short-distance running material to improve student learning outcomes with validation results by experts stating that it was very valid and feasible to use; (3) The percentage result of the average increase (N-gain index) of student learning outcomes classically is 67% in the good category with quite effective criteria; (4) Time efficiency, cost efficiency and learning efficiency using the PJOK e-module based on SAVI learning on short distance running material to improve student learning outcomes by 85.76% in good category with efficient criteria; and (5) The results of the assessment of teacher and student responses that the product of developing the PJOK e-module based on SAVI learning on short-distance running material to improve student learning outcomes obtained very interesting results. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menguji efektifitas, efisiensi dan kemenarikan e-modul PJOK berbasis pembelajaran SAVI pada materi lari jarak pendek. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (R&D). Langkah penelitian dan pengembangan yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) perbaikan produk, dan (6) uji coba produk. Subjek penelitian adalah kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Abung Tengah TP 2021/2022 dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi analisis instrument evaluasi, analisis validasi ahli, analisis hasil belajar, analisis efisiensi dan kemenarikan. Hasil penelitian diperoleh meliputi: (1) Potensi siswa SMA Negeri 1 Abung Tengah mendukung untuk dikembangkan pembelajaran dengan menggunakan e-modul pada matapelajaran PJOK yang membutuhkan pemahaman yang divisualisasikan dengan kegiatan praktek dengan memanfaatkan fasilitas sekolah yang ada dengan diintegrasikan pada model pembelajaran SAVI; (2) Proses pengembangan menggunakan (R&D) yang dilakukan sampai tahap 6 diperoleh hasil produk e- modul PJOK berbasis pembelajaran SAVI pada materi lari jarak pendek untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan hasil validasi oleh ahli menyatakan sangat valid dan layak untuk digunakan; (3) Hasil persentase atas rerata peningkatan (indeks N-gain) hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 67% kategori baik dengan kriteria cukup efektif; (4) Efisiensi waktu, efisiensi biaya dan efisiensi pembelajaran menggunakan e-modul PJOK berbasis pembelajaran SAVI pada materi lari jarak pendek untuk meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 85,76% kategori baik dengan kriteria efisien; dan (5) Hasil penilaian tanggapan guru dan siswa bahwa produk pengembangan e-modul PJOK berbasis pembelajaran SAVI pada materi lari jarak pendek untuk meningkatkan hasil belajar siswa diperoleh hasil sangat menarik.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: 2203379078 . Digilib
Date Deposited: 18 Jul 2022 04:47
Terakhir diubah: 18 Jul 2022 04:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64143

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir