MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 PRINGSEWU BARAT KECAMATAN PRINGSEWU KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2012/2013

SRI , SRI MULYATI (2014) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 PRINGSEWU BARAT KECAMATAN PRINGSEWU KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2012/2013. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (153Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (247Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (436Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (565Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (3674Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan hasil ulangan formatif yang diikuti oleh 27 siswa, hanya didapat rata-rata 44,44% atau 12 siswa yang telah mencapai nilai KKM. Adapun KKM yang ditetapkan pada pembelajaran IPS adalah 67. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas IV SD Negeri 2 Pringsewu Barat Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan dalam pemelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Prosedur yang digunakan pada setiap siklus adalah : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi untuk mendapatkan data tentang aktivitas siswa dan tes untuk mendapatkan data tentang hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi belajar kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran IPS efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat: (1) aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari 51% di siklus I menjadi 74% di siklus II,(2) kinerja guru mengalami peningkatan dari 56% di siklus I, menjadi 74% di siklus II,(3) hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari rata-rata 44di pra-siklus menjadi 56,29 di siklus I, dari 56,29 di siklus I menjadi 75,74 di siklus II. Kata kunci : kooperatif tipe jigsaw, aktivitas dan hasil belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > H Social Sciences (General)
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: Robidin
Date Deposited: 03 Feb 2014 04:03
Terakhir diubah: 03 Feb 2014 04:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/642

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir