PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK, PENGUASAAN MATERI KEAHLIAN BIDANG STUDI, DAN SOFT SKILL TERHADAP KESIAPAN MENJADI CALON GURU PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

ANDI ADAM RAHMANTO, 1813031022 (2022) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK, PENGUASAAN MATERI KEAHLIAN BIDANG STUDI, DAN SOFT SKILL TERHADAP KESIAPAN MENJADI CALON GURU PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1572Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1356Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik, penguasaan materi keahlian bidang studi, dan soft skill terhadap kesiapan menjadi calon guru pada mahasiswa jurusan pendidikan ilmu pengetahuan sosial. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif verifikatif dengan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan pendidikan ilmu pengetahuan sosial angkatan 2018-2021 FKIP Universitas Lampung yang berjumlah 1.116 mahasiswa. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 335 orang mahasiswa, yang diperoleh dengan mengambil 30% dari total keseluruhan populasi dan teknik pengambilan sampel adalah probability sampling dengan menggunakan stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t dan F serta diolah dengan program SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh kompetensi pedagogik, penguasaan materi keahlian bidang studi, dan soft skill terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa jurusan pendidikan ilmu pengetahuan sosial dengan kadar determinasi sebesar 10,1% dan sisanya 89,9% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci : Kompetensi Pedagogik, Penguasaan Materi Keahlian Bidang Studi, Soft skill, Kesiapan Menjadi Guru.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 2203263275 . Digilib
Date Deposited: 26 Jul 2022 06:45
Terakhir diubah: 26 Jul 2022 06:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64242

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir