PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MODEL POGIL PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

LIA FAROKAH, 1613023031 (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MODEL POGIL PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (163Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1736Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1026Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan serta tanggapan guru dan siswa terhadap lembar kerja siswa berbasis model POGIL pada materi larutan penyangga yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D menurut Borg dan Gall. Tahapan pada langkah penelitian ini hanya sampai revisi uji coba lapangan awal. Kevalidan lembar kerja siswa hasil pengembangan diukur berdasarkan hasil validasi ahli. Validasi oleh ahli mencakup aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan keterbacaan. Hasil validasi oleh ahli terhadap LKS pada aspek kesesuaian isi, aspek konstruksi dan aspek keterbacaan memperoleh persentase 75,48%, 75,61% , dan 73,24% dengan kriteria tinggi dan dinyatakan cukup valid. Uji coba lapangan awal pada penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Batanghari dengan jumlah responden guru sebanyak 3 orang dan responden siswa sebanyak 30 orang. Hasil tanggapan responden guru terhadap LKS pada aspek kesesuaian isi memperoleh persentase sebesar 81,54%, aspek konstruksi sebesar 83,56%, dan aspek keterbacaan sebesar 81,67% dengan kriteria sangat tinggi. Sedangkan hasil tanggapan responden siswa terhadap LKS pada aspek keterbacaan memperoleh persentase 86,17%, dan aspek kemenarikan sebesar 85,82% dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja siswa berbasis model POGIL pada materi larutan penyangga yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran kimia di sekolah. Kata kunci: lembar kerja siswa, model POGIL, larutan penyangga

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2203514842 . Digilib
Date Deposited: 27 Jul 2022 01:08
Terakhir diubah: 27 Jul 2022 01:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64246

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir