MANAJEMEN LAYANAN PERPUSTAKAAN DALAM MENDUKUNG MUTU PEMBELAJARAN (STUDI DI SMP AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG)

FELIA SANTIKA, 1923012019 (2022) MANAJEMEN LAYANAN PERPUSTAKAAN DALAM MENDUKUNG MUTU PEMBELAJARAN (STUDI DI SMP AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG). Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1906Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1772Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan manajemen layanan perpustakaan dalam mendukung mutu pembelajaran di SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan layanan perpustakaan dalam mendukung mutu pembelajaran menyesuaikan dengan visi, misi dan tujuan yang ada pada perpustakaan, (2) Pengorganisasian layanan perpustakaan dalam mendukung mutu pembelajaran yaitu disusun berdasarkan surat keputusan yang telah ditetapkan kemudian disusun kedalam bentuk struktur organisasi, (3) Pelaksanaan layanan perpustakaan dalam mendukung mutu pembelajaran dilakukan melalui tiga tahapan yaitu dengan memotivasi, memberikan pengarahan dan tujuan program layanan, (4) pengawasan layanan perpustakaan dalam mendukung mutu pembelajaran dilakukan dengan mengevaluasi atau memonitoring kegiatan-kegiatan di perpustakaan melalui laporan-laporan kegiatan. Kata Kunci: manajemen layanan perpustakaan, mutu pembelajaran. The purpose of this study was to describe the planning, organization, implementation and supervision of library service management in supporting the quality of learning at SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung. This research uses a qualitative approach with the type of case study research. Collecting data techniques used are observation, interviews and document study. Data analysis techniques were carried out by means of data reduction, data presentation, conclusion drawing and data verification. The results of the study indicate that: (1) Planning for library services in supporting the quality of learning is in accordance with the vision, mission and objectives of the library, (2) Organizing library services in supporting the quality of learning, which is compiled based on a predetermined decision letter and then compiled into the form of an organizational structure, (3) The implementation of library services in supporting the quality of learning is carried out in three stages, namely by motivating, providing direction and objectives of the service program, (4) supervision of library services in supporting the quality of learning is carried out by monitoring activities in the library through activity reports. Keywords: library service management , learning quality.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Administrasi Pendidikan
Pengguna Deposit: 2203900065 . Digilib
Date Deposited: 28 Jul 2022 01:29
Terakhir diubah: 28 Jul 2022 01:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64260

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir