HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI SEKECAMATAN WAY KRUI

Suhendra Alvin, 1813053004 (2022) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI SEKECAMATAN WAY KRUI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (204Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2116Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1758Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas V SD Negeri Sekecamatan Way Krui. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan perhatian orang tua dengan hasil belajar tematik. Jenis penelitian yaitu ex-post facto korelasi. Populasi berjumlah 90 orang peserta didik dan sampel berjumlah 48 orang peserta didik dengan menggunakan teknik probability sampling. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian bahwa (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar tematik ditunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,513 dengan taraf “ cukup kuat”, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar tematik sebesar ditunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,488 dengan taraf “cukup kuat”, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan perhatian orang tua ditunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,565 dengan taraf “cukup kuat”, dan (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan perhatian orang tua secara bersama-sama dengan hasil belajar tematik, ditunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,566 berada pada taraf “cukup kuat”. Kata kunci: hasil belajar, motivasi belajar, perhatian orang tua.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2203261959 . Digilib
Date Deposited: 03 Aug 2022 03:53
Terakhir diubah: 03 Aug 2022 03:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64377

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir