Gambaran Kondisi Psikologis Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Selama Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19

Prameswari, Dyah Cahya (2022) Gambaran Kondisi Psikologis Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Selama Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (4Mb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang: Pandemi Covid-19 mengharuskan pemerintah menerapkan kebijakan pembelajaran daring untuk memutus rantai penyebaran virus. Penerapan pembelajaran daring dinilai kurang efektif dilakukan pada mahasiswa karena tidak ada interaksi dan kurangnya keterampilan yang diperoleh. Perubahan sistem pembelajaran dan keadaan pandemi Covid-19 memaksa mahasiswa harus beradaptasi dengan sistem pembelajaran baru yang dapat menyebabkan mahasiswa memiliki masalah psikologis, yang jika tidak dideteksi dan diatasi sejak dini gangguan tersebut dapat menetap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kondisi psikologis mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung selama pembelajaran daring di era pandemi Covid-19. Metode: Desain penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei pada 338 sampel yang terpilih dengan teknik total sampling dari 4 angkatan aktif mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter. Data dikumpulkan dengan pengisian Self-Reporting Questionnaire (SRQ-20) untuk mengetahui gambaran kondisi psikologis mahasiswa. Hasil: Terdapat 56,8% responden terindikasi masalah psikologis dengan gejala depresi 93,8%, gejala cemas 87,5%, gejala somatik 79,7%, gejala kognitif 81,8%, dan gejala penurunan energi 96,9% serta 43,2% responden lainnya tidak terindikasi masalah psikologis. Simpulan: Sebagian besar mahasiswa terindikasi masalah psikologis selama pembelajaran daring di era pandemi Covid-19.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 2203786572 . Digilib
Date Deposited: 04 Aug 2022 06:07
Terakhir diubah: 04 Aug 2022 06:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64407

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir