PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG

ZIAH SELI UTAMI, 1813032005 (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (354Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4080Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3434Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis e-learning terhadap partisipasi belajar peserta didik di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 71 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik utama yaitu angket dan teknik penunjang yaitu observasi. Teknik penghitungan data menggunakan bantuan SPSS versi 20. Berdasarkan hasil pengolahan data pada penelitian ini, didapatkan adanya pengaruh pembelajaran berbasis e-learning terhadap partisipasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung dengan persentase sebesar 50,8%. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran berbasis e-learning dengan jenis sinkronus dan asinkronus sangat efektif untuk meningkatkan partisipasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn, dilihat dari banyaknya peserta didik yang aktif bertanya, menjawab, ikut serta dalam diskusi kelas saat proses pembelajaran. Semakin pendidik menggunakan pembelajaran berbasis e-learning dengan baik maka peserta didik lebih memiliki keberanian juga percaya diri yang baik pula saat proses kegiatan belajar mengajar sehingga dapat berpartisipasi aktif dalam belajar. Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis E-Learning, Partisipasi Belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: 2203672926 . Digilib
Date Deposited: 04 Aug 2022 07:25
Terakhir diubah: 04 Aug 2022 07:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64421

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir