PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SANTUN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II SEKOLAH DASAR

SANTIKA, LIA (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SANTUN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (169Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian sikap santun pada pembelajaran tematik peserta didik di sekolah dasar. Jenis penelitian dan pengembangan yang digunakan merujuk pada toeri R&D Borg and Gall. Penelitian ini adalah tiga sekolah yang ada di gugus Melati, kecamatan Banjit. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas II Sekolah Dasar Negeri 01 Bonglai. Teknik pengumpulan data menggunakan non tes berupa angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan annalisis kualitatif dengan deskriptif presentase untuk validasi ahli dan praktisi, dan analisis kuantitatif dengan program rasch untuk validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian in menunjukkan bahwa instrumen penilaian sikap santun pada pembelajaran tematik di sekolah dasar yang dikembangkan layak teoritis dan praktis. Kata kunci: Instrumen Penilaian, Sikap Santun, Pembelajaran Tematik This study aims to develop a polite attitude assessment instrument in the thematic learning of students in elementary schools. The type of research and development used refers to the Borg and Gall R&D tori. This research consists of three schools in the Melati cluster, Banjit sub-district. The sample of this research is the second grade students of State Elementary School 01 Bonglai. Data collection techniques using non-test in the form of questionnaires, interviews and documentation. Data analysis used qualitative analysis with descriptive percentage for validation of experts and practitioners, and quantitative analysis with Rasch program for validity and reliability. The results of this study indicate that the instrument for assessing politeness in thematic learning in elementary schools has developed theoretical and practical feasibility. . Keywords: Assesment, manners, Thematic Learning

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2203698466 . Digilib
Date Deposited: 05 Aug 2022 08:13
Terakhir diubah: 05 Aug 2022 08:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64485

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir