GAYA BAHASA PADA NOVEL MILEA SUARA DARI DILAN KARYA PIDI BAIQ DAN IMPLIKASINYA DALAM RANCANGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

CHYTHIA ANDHINI DESTY N , 1713041049 (2022) GAYA BAHASA PADA NOVEL MILEA SUARA DARI DILAN KARYA PIDI BAIQ DAN IMPLIKASINYA DALAM RANCANGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (159Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1637Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1427Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa retoris dan gaya bahasa kiasan yang terdapat pada novel Milea Suara dari Dilan karya Pidi Baiq dan implikasinya dalam rancangan pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian berupa novel Milea Suara dari Dilan karya Pidi Baiq. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah kata, frasa, klausa, atau kalimat yang mengandung gaya bahasa retoris dan gaya bahasa kiasan yang terdapat pada novel Milea Suara dari Dilan karya Pidi Baiq. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam novel Milea Suara dari Dilan karya Pidi Baiq ditemukan 56 data yang terdiri atas 32 data gaya bahasa retoris meliputi aliterasi, asonansi, anastrof, apostrof, asindeton, elipsis, pleonasme, tautologi, perifrasis, erotesis, koreksio, hiperbola, paradoks, dan oksimoron. 24 data gaya bahasa kiasan yang meliputi persamaan, metafora, personifikasi, eponim, epitet, sinekdoke, sinisme, sarkasme, dan inuendo. Gaya bahasa retoris dan gaya bahasa kiasan dalam novel Milea Suara dari Dilan karya Pidi Baiq berfungsi memberi efek keindahan pada pengulangan vokal dan konsonan yang sama, mengungkapkan perasaan penutur secara lebih mendalam, seperti rasa senang, sedih, dan kecewa, serta mempengaruhi perasaan lawan tutur dengan mengungkapkan kalimat yang dapat memicu kemarahan. Hasil penelitian ini dapat dirancang pembelajarannya sebagai alternatif bahan ajar di SMA khususnya kelas XII semester genap dengan KD 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel. Kata kunci: gaya bahasa, novel, rancangan pembelajaran

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2203729220 . Digilib
Date Deposited: 05 Aug 2022 07:46
Terakhir diubah: 05 Aug 2022 07:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64500

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir