PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING DALAM MEMPERKUAT SIKAP DIGITAL CITIZENSHIP PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMA N 16 BANDAR LAMPUNG

AMALLIA NOVIANI , 1713032001 (2022) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING DALAM MEMPERKUAT SIKAP DIGITAL CITIZENSHIP PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMA N 16 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1325Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1147Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Perubahan yang terjadi pada era pandemi tentunya sangat berpengaruh pada tatanan kehidupan khususnya teknologi dikalangan dunia pendidikan. Lingkungan pendidikan menjadi berubah yang tadinya proses pembelajaran dilakukan secara tatap muka, tapi sekarang menggunakan media pembelajaran daring. Sekolah sebagai salah satu faktor utama dalam membentuk karakter peserta didik, sehingga dapat mendukung penggunaan teknologi dengan baik sehingga disebut dengan kewargaan digital (Digital Citizenship). Namun pada kenyataannya saat ini, penyebab sebagian dari kurangnya sikap yang kurang baik dalam penggunaan teknologi yang dilakukan oleh peserta didik. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh media pembelajaran daring dalam memperkut sikap Digital Citizenship peserta didik pada mata pelajaran PPKn. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemanfaatan media pembelajaran daring dalam memperkuat sikap Digital Citizenship peserta didik pada mata pelajaran PPKn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran daring erat kaitannya dengan digital citizenship peserta didik pada mata pelajaran PPKn dikaitkan dalam beberapa komponen yaitu digital acces, digital communication, dan digital ettiquete peserta didik. Media Pembelajaran daring dilakukan dengan real platform, panduan guru, waktu yang terbatas, serta pengawasan dari orang tua. Maka, pemanfaatan komponen digital citizenship perserta didik juga perlu adanya dukungan dari guru dan orang tua Sehingga akan membantu peserta didik dalam menggunakan digital secara signifikan dan mengetahui rambu-rambu dalam penggunaan digital. Kata Kunci: Media Pembelajaran Daring, Digital Citizenship, dan Peserta Didik

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: 2203489195 . Digilib
Date Deposited: 08 Aug 2022 03:34
Terakhir diubah: 08 Aug 2022 03:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64558

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir