PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENERAPAN PERMAINAN POHON FAKTOR PADA SISWA KELAS VI.B SD NEGERI 1 SUKARAME BANDAR LAMPUNG

Nangalih, GALIH WATI (2011) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENERAPAN PERMAINAN POHON FAKTOR PADA SISWA KELAS VI.B SD NEGERI 1 SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
3. COVER dalam.pdf - Published Version

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Halaman Persetujuan.pdf - Published Version

Download (111Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Halaman Pengesahan.pdf - Published Version

Download (184Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
9. SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (102Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II (TINJAUAN PUSTAKA).pdf - Published Version

Download (146Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB III (METODOLOGI PENELITIAN).pdf - Published Version

Download (245Kb) | Preview
[img] Text
16. BAB IV (HASIL DAN PEMBAHASAN).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (277Kb)
[img]
Preview
Text
17. BAB V (SIMPULAN DAN SARAN).pdf - Published Version

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (175Kb) | Preview
[img] Archive
PDF.zip - Published Version

Download (1900Kb)

Abstrak

Demikian kompleksnya pokok-pokok bahasan dalam materi Matematika, menuntut guru untuk mencari strategi dalam transformasi ilmu Matematika kepada siswa, hal ini dilakukan untuk peningkatan kualitas siswa dalam menyerap materi yang diberikan oleh guru. Penelitian ini mengangkat suatu tema mengenai metode permainan dalam pembelajaran yang diaplikasikan dalam salah satu materi Matematika yaitu Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) pada siswa kelas VI.B di SD Negeri 1 Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini bersifat Penelitian Tindak Kelas (PTK) melalui beberapa siklus atau tahapan penelitian. Selain itu juga penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dengan jenis evaluasi kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan menengahkan subjek ialah siswa Kelas VI.B SD Negeri 1 Sukarame Tahun Pelajaran 2010 / 2011 yaitu sebanyak 49 siswa dan indikator keberhasilan ialah : (1) Tingkat pemahaman siswa yang diindikasikan dalam jumlah siswa yang dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru, jumlah siswa yang tidak dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru, (2) Nilai Lembar Kerja Siswa yang dibandingkan dengan Nilai Lembar Kerja Siswa setelah dipresentasikannya permainan Pohon Faktor, (3) Nilai Evaluasi Awal dan Evaluasi Akhir siswa terhadap materi yang disampaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata keseluruhan siswa pada saat evaluasi awal adalah 4,510, dan nilai rata-rata keseluruhan siswa pada saat evaluasi akhir adalah 7,469. Peningkatan nilai rata-rata keseluruhan siswa sebesar 2,959, mengindikasikan penerapan permainan pohon faktor mampu meningkatkan prestasi belajar siswa secara signifikan. Kata kunci : KPK dan FPB, pohon faktor, permainan

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > BF Psychology
Hukum Pidana > Agama > BF Psychology

L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 23 Jan 2014 02:54
Last Modified: 23 Jan 2014 02:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/646

Actions (login required)

View Item View Item