MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN INFORMASI PENGALAMAN BELAJAR MELALUI KONSELING SEBAYA PADA SISWA KELAS X DI SMAN 8 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020

Rani Ardiya Nastiti, 1513052076 (2021) MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN INFORMASI PENGALAMAN BELAJAR MELALUI KONSELING SEBAYA PADA SISWA KELAS X DI SMAN 8 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak Rani Ardiya N-1513052076-Bimbingan Konseling - Rani Ardiya.pdf

Download (309Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full Tanpa Lampiran Rani Ardiya Nastiti-1513052076-Bimbingan Konseling - Rani Ardiya.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1869Kb)
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Tanpa Bab Pembahasan dan Lampiran Rani Ardiya Nastiti-1513052076-Bimbingan Konseling - Rani Ardiya.pdf

Download (1673Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah kepercayaan diri yang rendah. Penelitian ini bertujuan mengetahui penggunaan konseling sebaya dengan menggunakan informasi pengalaman belajar untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa pada siswa SMA Negeri 8 Bandar Lampung tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan time series design. Subyek penelitian dipilih sebanyak 5 siswa yang memiliki kepercayaan diri dalam pembelajaran yang rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kepercayaan diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling sebaya dengan menggunakan informasi pengalaman belajar dapat digunakan untuk meningkatkan kepercayaan diri pada siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji wilcoxon menggunakan SPSS 23.0 diperoleh zhitung = -2,023 ≤ ztabel = 1, 645. Hasil analisis tersebut menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian adalah konseling sebaya dengan menggunakan informasi pengalaman belajar dapat digunakan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa SMA Negeri 8 Bandar Lampung tahun ajaran 2019/2020. Kata kunci: informasi pengalaman belajar, konseling sebaya, kepercayaan diri. The problem of this research is low self confidence in learning. This study aims to determine the use of peer counseling by using learning experience information to increase confidence of SMA Negeri 8 Bandar Lampung student in the 2019/2020 academic year. This research method is quasi-experimental using the time series design. The research subjects were chosen as many as 5 students who have low self confidence in learning. The data collection technique uses a self-confidence scale. The result showed that peer counseling by using learning experience information can be used to increase students self confidence. This is indicated by the results of the Wilcoxon test using SPSS 23.0 obtained zcount = -2.023 ≤ ztable = 1, 645. The results of the analysis show that Ho is rejected and Ha is accepted. The conclusion of the study is that peer counseling by using learning experience information can be used to increase the confidence of SMA Negeri 8 Bandar Lampung students for the 2019/2020 acadmic year. Keywords: learning experience information, peer counseling, self confidence.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: AM.d Firlia Hidayah
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:59
Terakhir diubah: 09 Aug 2022 07:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64674

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir