, HARYANI (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS V SEMESTER GENAP SD NEGERI 2 GADINGREJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Cover depan.pdf - Published Version Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Persetujuan.pdf - Published Version Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pengesahan.pdf - Published Version Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pernyataan.pdf - Published Version Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf - Published Version Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (119Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (210Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (18Kb) | Preview |
|
Archive
PDF.zip - Published Version Download (917Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Nilai rata-rata pelajaran matematika kelas V SD Negeri 2 Gadingrejo di bawah kriteria ketuntasan minimal. Selama proses pembelajaran berlangsung masih terjadi keengganan siswa untuk bertanya, bahkan proses belajar cenderung kurang aktif. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan penelitian tentang peningkatan hasil belajar melalui pendekatan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses belajar mengajar dan meningkatkan prestasi belajar matematika melalui pendekatan pemecahan masalah siswa kelas V SD Negeri 2 Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu tahun pelajaran 2010/2011. Data diperoleh dengan cara observasi untuk mengamati aktivitas siswa selama proses pembelajaran dan tes untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam belajar matematika setelah diberikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika sebesar 24,33% dan aktivitas siswa juga meningkat sebesar 24,39%, setelah dilaksanakan pembelajaran melalui pendekatan pemecahan masalah. Oleh karena itu, disarankan agar pembelajaran matematika kelas V sekolah dasar hendaknya guru menggunakan pendekatan pemecahan masalah. Melalui pembelajaran matematika dengan pendekatan pemecahan masalah siswa terlatih untuk mengidentifikasi, menganalisis dan mengevaluasi permasalahan dengan cermat sehingga siswa dapat mengembangkan daya nalarnya untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi. Pendekatan pemecahan masalah dapat menjadi salah satu alternatif bagi guru dalam melakukan pembelajaran di kelas, khususnya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 23 Jan 2014 03:04 |
Terakhir diubah: | 23 Jan 2014 03:04 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/647 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |