MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS V SEMESTER GENAP SD NEGERI 2 GADINGREJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

, HARYANI (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS V SEMESTER GENAP SD NEGERI 2 GADINGREJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Cover depan.pdf - Published Version

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Persetujuan.pdf - Published Version

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf - Published Version

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (119Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (210Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (18Kb) | Preview
[img] Archive
PDF.zip - Published Version

Download (917Kb)

Abstrak

Nilai rata-rata pelajaran matematika kelas V SD Negeri 2 Gadingrejo di bawah kriteria ketuntasan minimal. Selama proses pembelajaran berlangsung masih terjadi keengganan siswa untuk bertanya, bahkan proses belajar cenderung kurang aktif. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan penelitian tentang peningkatan hasil belajar melalui pendekatan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses belajar mengajar dan meningkatkan prestasi belajar matematika melalui pendekatan pemecahan masalah siswa kelas V SD Negeri 2 Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu tahun pelajaran 2010/2011. Data diperoleh dengan cara observasi untuk mengamati aktivitas siswa selama proses pembelajaran dan tes untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam belajar matematika setelah diberikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika sebesar 24,33% dan aktivitas siswa juga meningkat sebesar 24,39%, setelah dilaksanakan pembelajaran melalui pendekatan pemecahan masalah. Oleh karena itu, disarankan agar pembelajaran matematika kelas V sekolah dasar hendaknya guru menggunakan pendekatan pemecahan masalah. Melalui pembelajaran matematika dengan pendekatan pemecahan masalah siswa terlatih untuk mengidentifikasi, menganalisis dan mengevaluasi permasalahan dengan cermat sehingga siswa dapat mengembangkan daya nalarnya untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi. Pendekatan pemecahan masalah dapat menjadi salah satu alternatif bagi guru dalam melakukan pembelajaran di kelas, khususnya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > BF Psychology
Hukum Pidana > Agama > BF Psychology

L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 23 Jan 2014 03:04
Last Modified: 23 Jan 2014 03:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/647

Actions (login required)

View Item View Item