DEVI ANDRIANI, 1923025010 (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF MATERI TEKNOLOGI RAMAH LINGKUNGAN DENGAN MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY BERORIENTASI PADA PENINGKATAKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI PESERTA DIDIK SMP. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (5Mb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) |
||
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-LKPD interaktif dengan model Argument-Driven Inquiry (ADI) yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan keterampilan argumentasi peserta didik. Desain penelitian dan pengembangan (Research and Development) dilakukan dengan enam tahap yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba, dan uji coba lapangan. Subjek penelitian adalah peserta didik SMP N 1 Candipuro kelas IX B, kelas IX C dan kelas IX D yang berjumlah 80 peserta didik. Desain uji coba yang peneliti gunakan yakni Non-equivalent Pre-Post Control Group Design. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa 1) e-LKPD interaktif dengan model ADI dinyatakan valid ditinjau dari aspek isi, konstruksi dan bahasa dengan rata-rata 99,84%; 2) e-LKPD interaktif dengan model ADI praktis digunakan untuk meningkatkan keterampilan argumentasi peserta didik ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran dengan rata-rata 90,28% dengan interpretase hampir seluruh aktivitas terlaksana, respon peserta didik 87,47% dan respon guru 94,51% dengan kategori sangat tinggi; 3) e-LKPD interaktif dengan model ADI efektif meningkatkan keterampilan argumentasi peserta didik dengan nilai effect size sebesar 0,84 dengan kategori besar. Kesimpulannya adalah telah dihasilkan e-LKPD interaktif materi Teknologi Ramah Lingkungan dengan model Argument-Driven Inquiry (ADI) yang dapat meningkatkan keterampilan argumentasi peserta didik. Kata kunci : e-LKPD, Keterampilan Argumentasi, Argument-Driven Inquiry. This study aims to produce an interactive electronic student worksheets with an Argument-Driven Inquiry (ADI) model which is valid, practical and effective in improving student’s argumentation skills. The research and development design is carried out in six stages, that is research and collecting information, planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing, main product revision and main field testing. The research subject were the students of SMPN 1 Candipuro class IX B, class IX C and class IX D amounted of 80 students. The design of the trials that researchers use Non-equivalent Pre-Post Control Group Design. The result of this development showed tahat 1) Interactive electronic student worksheets with an Argument-Driven Inquiry model were declared valid in terms of content, construction and language with average of 99,84%; 2) Interactive electronic student worksheets with an Argument-Driven Inquiry model is paractically used to increase student argumentation skills in terms of learning implementation with an average of 90,28% with interpretation of almost all activities carried out, students responses 87,47% and teacher response 94,51% with very high categories;3) Interactive electronic student worksheets with an Argument-Driven Inquiry model effectively improve students argumentation skills with an effect size value of 0,84 with a large categories. The conclusion is that an interactive e-LKPD material on Environmentally Friendly Technology with the Argument-Driven Inquiry (ADI) model has been produced which can improve students' argumentation skills. Key words:Interactive Electronic Student Worksheets, Argumentation Skills, Argument-Driven Inquiry
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA |
Pengguna Deposit: | 2203664470 . Digilib |
Date Deposited: | 10 Aug 2022 01:16 |
Terakhir diubah: | 10 Aug 2022 01:16 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64736 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |