, HENI NOVITASARI (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA ANAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO TAPE RECORDER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VB SD NEGERI 01 BANGUNREJO. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Cover.pdf - Published Version Download (140Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Menyetujui.pdf - Published Version Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pernyataan.pdf - Published Version Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Mengesahkan.pdf - Published Version Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf - Published Version Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (170Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (168Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (585Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Lampiran.pdf - Published Version Download (1607Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya dalam pembelajaran menyimak cerita anak siswa kelas VB SD Negeri 01 Bangunrejo belum diajarkan secara optimal, sehingga berdampak pada penguasaan keterampilan menyimak siswa yang masih rendah. Dari 40 siswa terdapat 13 siswa telah mencapai KKM yang telah ditentukan oleh guru kelas VB SD Negeri 01 Bangunrejo yaitu > 65. Peningkatan aktivitas dan keterampilan menyimak cerita anak dapat diupayakan oleh guru dengan menggunakan media audio tape recorder. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan keterampilan menyimak cerita anak dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VB SD Negeri 01 Bangunrejo dengan menggunakan media audio tape recorder. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur penelitian yang digunakan berbentuk siklus, terdiri dari empat kegiatan pokok, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dalam penelitian tindakan kelas ini peneliti menggunakan teknik analisis data secara kuantitatif berupa tes hasil belajar dan kualitatif berupa observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio tape recorder dalam pembelajaran menyimak cerita anak dapat meningkatkan aktivitas dan keterampilan menyimak siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan skor rata-rata dari kelima aspek keterampilan menyimak cerita anak pada siklus I sebesar 69,3, siklus II sebesar 72,5 sehingga terjadi peningkatan sebesar 3,2. Pada siklus II 72,5, siklus III 75,8 sehingga terjadi peningkatan sebesar 3,3. Demikian pula dari persentase rata-rata aktivitas siswa meningkat pada setiap siklusnya, pada siklus I sebesar 67,99%, siklus II sebesar 77,97% sehingga terjadi peningkatan sebesar 9,98%. Pada siklus II sebesar 77,97%, siklus III sebesar 85,46% sehingga terjadi peningkatan sebesar 7,49%. Berdasarkan hasil temuan di atas, disarankan kepada guru bidang studi Bahasa Indonesia hendaknya menggunakan media audio tape recorder sebagai salah satu alternatif pembelajaran menyimak cerita anak di sekolah. Kata kunci : menyimak, cerita anak, media audio tape recorder
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 23 Jan 2014 03:20 |
Terakhir diubah: | 23 Jan 2014 03:20 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/650 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |