SANTI OKTAVIANI, 1813041014 (2022) STRUKTUR KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL MARIPOSA KARYA LULUK HF DAN KELAYAKANNYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (722Kb) |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (596Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan struktur kepribadian tokoh utama dalam novel Mariposa karya Luluk HF berdasarkan aspek id, ego, dan superego; dan (2) menilai kelayakan struktur kepribadian novel Mariposa karya Luluk HF sebagai pembelajaran sastra di SMA yang ditinjau dari kelayakan novel dan aspek kurikulum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Mariposa karya Luluk HF. Teknik pengumpulan dan analisis data dalam penelitian ini adalah teknik langkah-langkah. Berdasarkan kegiatan penelitian, tokoh utama dalam novel Mariposa karya Luluk HF yaitu Acha memiliki aspek kepribadian id, ego, dan superego. Aspek kepribadian yang paling menonjol dari tokoh Acha adalah aspek id, sehingga tokoh Acha memiliki kepribadian yang sulit untuk mengontrol diri dan mudah terpengaruh oleh lingkungan. Aspek ego yang dimiliki Acha ialah sulit mengontrol diri, sedangkan aspek superego tokoh utama Acha ialah mampu meminta maaf dan menyadari kesalahannya. Novel Mariposa karya Luluk HF layak untuk dijadikan bahan pembelajaran sastra di SMA karena telah memenuhi tuntutan aspek bahasa, psikologi, dan latar belakang budaya sesuai dengan kriteria pemilihan bahan ajar di SMA dan telah memenuhi tuntutan aspek kurikulum yaitu sesuai dengan kompetensi dasar 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XII dan aspek bahan ajar sastra di SMA yaitu, (1) konflik dalam novel Mariposa mudah dipahami oleh peserta didik, dan (2) watak tokoh dalam novel mudah dipahami oleh peserta didik. Kata kunci: Struktur Kepribadian, Novel, Pembelajaran sastra
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 2208725100 . Digilib |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 04:22 |
Terakhir diubah: | 16 Aug 2022 04:22 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65020 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |