EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BLENDED-DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP ASAM BASA

Fitri Meliniasari, 1813023006 (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BLENDED-DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP ASAM BASA. Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (115Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3418Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3399Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran blendeddiscovery learning dalam meningkatkan penguasaan konsep asam-basa. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 13 Bandar Lampung tahun pelajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling sehingga didapatkan kelas eksperimen yaitu kelas XI MIPA 3 yang diberi perlakuan pembelajaran menggunakan model blended-discovery learning dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional secara blendedlearning. Berdasarkan hasil uji perbedaan dua rata-rata (uji-t) yang dilakukan, rata-rata n-Gain penguasaan konsep asam-basa peserta didik pada kelas kontrol sebesar 0,42 dengan kategori “sedang” dan pada kelas eksperimen sebesar 0,74 dengan kategori “tinggi”. Hasil pengujian effect size menunjukkan bahwa 86,5% peningkatan penguasaan konsep asam-basa peserta didik pada kelas eksperimen dipengaruhi oleh pembelajaran blended-discovery learning dengan bantuan laboratorium virtual. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa model blended-discovery learning efektif dan mempunyai pengaruh yang “besar” dalam meningkatkan penguasaan konsep asam-basa peserta didik.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2208947896 . Digilib
Date Deposited: 18 Aug 2022 04:32
Terakhir diubah: 18 Aug 2022 04:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65040

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir