ANALISIS SALURAN DISTRIBUSI PRODUK KONVEKSI BUMDES ARTHA MULYA DESA WALUYOJATI KABUPATEN PRINGSEWU

Poppy Aprilia, 1901071007 (2022) ANALISIS SALURAN DISTRIBUSI PRODUK KONVEKSI BUMDES ARTHA MULYA DESA WALUYOJATI KABUPATEN PRINGSEWU. [Diploma/Tugas Akhir]

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (2561Kb) | Preview
[img] File PDF
TUGAS AKHIR FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3874Kb)
[img]
Preview
File PDF
TUGAS AKHIR TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (3053Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK ANALISIS SALURAN DISTRIBUSI PRODUK KONVEKSI BUMDES ARTHA MULYA DESA WALUYOJATI KABUPATEN PRINGSEWU Oleh Poppy Aprilia BUMDes Artha Mulya adalah salah satu Badan Usaha Desa yang terletak di Desa Waluyojati Kabupaten Pringsewu. BUMDes Artha Mulya memiliki 4 jenis unit usaha, salah satu nya adalah unit konveksi. Dalam memasarkan produknya Konveksi BUMDes Artha Mulya menggunakan saluran distribusi. Keputusan saluran distribusi harus dipertimbangkan secara baik agar aktivitas pemasaran dapat berjalan dengan baik. Masalah yang dihadapi oleh Konveksi BUMDes Artha Mulya ialah kurang berminatnya distributor untuk mendistribusikan produk Konveksi BUMDes, hal ini dikarenakan produk Konveksi BUMDes Artha Mulya memiliki kualitas produk yang kurang baik, harga yang terlalu mahal, dan kemasan yang kurang menarik karena tidak adanya merek dalam kemasan.Permasalahan yang akan diteliti adalah “1). Apa yang dilakukan BUMDes agar distributor berminat mendistribusikan produk Konveksi BUMDes, 2). Bagaimana BUMDes konveksi menangani kendala pendistribusian produk pakaian dalam pria?” Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah “1). Mengetahui hal apa yang menyebabkan kurangnya minat distributor untuk mendistribusikan produk Konveksi BUMDes, 2). Mengetahui bagaimana Konveksi BUMDes menyikapi kendala dalam pendistribusian”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deksriptif yaitu dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa Konveksi BUMDes Artha Mulya melakukan pendistribusian tidak langsung maupun pendistribusian secara langsung. Konveksi BUMDes Artha Mulya mendistribusikan produknya melalui distributor, tetapi hanya ada dua distributor yang berminat mendistribusikan produk Konveksi BUMDes. Hal itu disebabkan oleh beberapa masalah dan kendala yang terjadi dalam produk Konveksi BUMDes, seperti produk pakaian yang mempunyai kualitas kurang baik, harga yang terlalu mahal dan kemasan yang kurang menarik karena tidak adanya merek dalam kemasan. Penulis mengajukan saran yang dapat dijadikan bahan pertimbangan oleh Konveksi BUMDes Artha Mulya. Penulis menyarankan agar Konveksi BUMDes Artha Mulya dapat memilih bahan yang kualitasnya baik untuk memproduksi pakaian dalam pria dan sebaiknya Konveksi BUMDes membuat merek untuk produk pakaian dalam pria sehingga produk pakaian dalam pria terlihat lebih menarik, serta Konveksi BUMDes harus menurunkan harga produknya sesuai dengan kualitas yang dimiliki oleh produk Konveksi BUMDes. Kendala yang dihadapi oleh pihak Konveksi BUMDes mengenai keterlambatan pengiriman barang yang disebabkan oleh pembuatan pakaian dalam pria yang terlampau lama dikarenakan karyawan yang kurang mahir dalam menjahit sebaiknya pihak Konveksi BUMDes melakukan pelatihan agar karyawan Konveksi BUMDes dapat mahir dalam membuat produk pakaian dalam pria. Kata kunci : Distribusi, Saluran distribusi

Jenis Karya Akhir: Diploma/Tugas Akhir
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi D3-Manajemen Pemasaran
Pengguna Deposit: 2208609381 . Digilib
Date Deposited: 18 Aug 2022 03:13
Terakhir diubah: 18 Aug 2022 03:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65095

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir