KAJIAN KETELITIAN SKALA HORIZONTAL PEMETAAN DENGAN TEKNOLOGI FOTOGRAMETRI UAV (Studi Kasus: Pemetaan Area Pusat Kegiatan Olahraga (PKOR) Bandar Lampung)

AGUNG BASKORO, 1815071054 (2022) KAJIAN KETELITIAN SKALA HORIZONTAL PEMETAAN DENGAN TEKNOLOGI FOTOGRAMETRI UAV (Studi Kasus: Pemetaan Area Pusat Kegiatan Olahraga (PKOR) Bandar Lampung). FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2663Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2426Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Skala merupakan bagian yang sangat penting dalam pembuatan peta baik peta garis maupun peta foto yang didapatkan dari hasil pemotretan foto udara, mengingat pembuatan peta tidak terlepas dari skala. Seiring perkembangan teknologi, pemetaan menggunakan foto udara (UAV) mulai diminati dalam pembuatan peta dikarenakan mempunyai ketelitian yang cukup baik dan memiliki cakupan area pemetaan yang luas dan skala yang dihasilkan tidak jauh berbeda dengan metode terestris. Pekerjaan pemetaan mengunakan foto udara jarang dimanfaatkan untuk kegiatan konstruksi karena membutuhkan akurasi yang tinggi. Penelitian ini bertujuan menganalisis ketelitian skala peta yang dihasilkan dari pemotretan udara UAV untuk pekerjaan konstruksi. Penelitian ini dilakukan di area Pusat Kegiatan Olahraga (PKOR) di Bandar Lampung. Dalam penelitian ini metode yang dipakai adalah metode fotogrametri untuk pemetaan foto udara, dan proses pengelolahan data dan pengujian akurasi menggunakan GCP (Ground Control Point) sebagai titik kontrol lapangan dalam proses orthorektifikasi dan ICP (Independent Check Point) sebagai titik uji setelah dilakukan orthorektifikasi. Hasil analisis akurasi pemetaan dengan foto udara mendapatkan nilai CE90 sebesar 0.466 m yang menunjukkan bahwa pengujian ketelitian horizontal masuk dalam Skala 1:1.000 dengan katagori kelas 2, dan masuk kedalam skala 1:2.500 dengan katagori kelas 1. Berdasarkan penelitian tersebut dan merujuk kerangka acuan kerja (KAK) maka teknologi fotogrametri dapat dilakukan dalam pekerjaan konstruksi yaitu, penentuan titik BM/CP, pengukuran situasi dan detail topografi, pembuatan peta dengan skala 1:2.500 atau pembuatan peta dengan skala yg lebih kecil. Kata Kunci : Skala, UAV, Fotogrametri, GCP dan ICP.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan)
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Geodesi
Pengguna Deposit: 2208523234 . Digilib
Date Deposited: 18 Aug 2022 07:08
Terakhir diubah: 18 Aug 2022 07:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65104

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir