IMPLEMENTASI KEBIJAKAN ELECTRONIC TRAFFIC LAW ENFORCEMENT (ETLE) DI KOTA BANDAR LAMPUNG (STUDI KASUS PADA POLRESTA KOTA BANDAR LAMPUNG)

JOKO SETIAWAN, 1716041063 (2022) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN ELECTRONIC TRAFFIC LAW ENFORCEMENT (ETLE) DI KOTA BANDAR LAMPUNG (STUDI KASUS PADA POLRESTA KOTA BANDAR LAMPUNG). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3220Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pelanggaran lalu lintas di Kota Bandar Lampung yang cukup tinggi membuat kepolisian harus mencari solusi agar dapat mengurangi pelanggaran, dari fenomena tersebut Polretsa menerapkan program ETLE. ETLE merupakan digitalisasi proses tilang yang dapat mengurangi praktik pungutan liar atau pungli serta mengurangi tingkat pelanggaran berlalu lintas dengan memanfaatkan teknologi diharapkan seluruh proses tilang akan lebih efisien. Maka dari itu peneliti ingin mengetahui bagaimana proses pelaksanaan program dan bagaimana dampaknya terhadap lalu lintas di Bandar Lampung. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif sumber data didapatkan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan ketika sistem ETLE diberlakukan tidak ada lagi transaksi tunai antara pelanggar dan aparat kepolisian yang bertugas dilapangan, masyarakat yang kurang mahir teknologi kesulitan dalam pengurusan tilang elektronik, kurangnya sosialisasi Polresta berakibat pada ketidak pedulian pada program, mempermudah petugas mengidentifikasi pelanggaran. Saran yang diperlukan diharapkan kepada petugas untuk melakukan sosialisasi yang lebih meluas sampai ke pinggiran Kota karena masih kurang nya pengetahuan masyarakat mengenai tilang elektronik, masyarakat diharapkan memiliki kesadaran hukum tentang pentingnya mematuhi rambu-rambu lalu lintas saat berkendara di jalan raya agar tingkat kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas dapat diminimalisir. Kata Kunci: Implementasi, electronic traffic law enforcement (ETLE), Lalu lintas

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Negara
Pengguna Deposit: 2208238566 . Digilib
Date Deposited: 19 Aug 2022 07:05
Terakhir diubah: 19 Aug 2022 07:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65171

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir