PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PESERTA DIDIK SMP

Maudy Suci Damayanti , 1713024010 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PESERTA DIDIK SMP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (940Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (784Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis discovery learning terhadap peningkatan Higher Order Thinking Skills peserta didik pada sistem gerak kelas VIII di SMP Negeri 3 Kotabumi. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII C sebanyak 32 orang, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data Peningkatan HOTS diperoleh melalui pretest dan posttest, yang dianalisis menggunakan uji-t berpasangan (Paired Sample t-Test). Tanggapan peserta didik tentang pembelajaran menggunakan LKPD berbasis discovery learning dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis dengan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan HOTS peserta didik sebelum dan setelah penerapan pembelajaran menggunakan LKPD berbasis discovery learning pada taraf signifikansi 0,05 dengan nilai sig (2-tailed) 0 < 0,05 dan rerata N-gain sebesar 0,36 dengan kategori sedang. HOTS peserta didik mengalami peningkatan pada ranah kognitif C4 dan C5. Pada ranah kognitif C4-Menganalisis mengalami peningkatan sebesar 7,7 dan C5-Mengevaluasi sebesar 9,72. Selain itu, respon peserta didik terhadap pembelajaran IPA menggunakan LKPD berbasis discovery learning mendapatkan rata-rata sebesar 75,8% yang berarti peserta didik setuju lebih memahami apabila materi sistem gerak dijelaskan menggunakan LKPD berbasis discovery learning. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan LKPD berbasis discovery learning terhadap peningkatan Higher Order Thinking Skills peserta didik. Kata kunci : LKPD discovery learning, Higher Order Thinking Skills, sistem gerak

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2208802183 . Digilib
Date Deposited: 22 Aug 2022 01:50
Terakhir diubah: 22 Aug 2022 01:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65284

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir