IMPLEMENTASI LONG SHORT-TERM MEMORY (LSTM) PADA CHATBOT INFORMASI AKADEMIK DI PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG

Hilmi Hermawan, 1815061012 (2022) IMPLEMENTASI LONG SHORT-TERM MEMORY (LSTM) PADA CHATBOT INFORMASI AKADEMIK DI PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ASBTRACT.pdf

Download (120Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3958Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3126Kb) | Preview

Abstrak

Teknologi kecerdasan buatan saat ini berkembang dengan sangat pesat. Salah satu aplikasi kecerdasan buatan yang dapat membantu user dalam mencari informasi adalah chatbot. Menurut survei Accenture, chatbot dapat membantu organisasi dengan memotong biaya operasional hingga 30% dan pengguna merasa senang memiliki akses instan 24/7 untuk jawaban yang mereka butuhkan. Namun masih banyak organisasi dan perusahaan yang belum menggunakan chatbot untuk mempermudah bisnis, salah satunya yaitu Program Studi Teknik Informatika Universitas Lampung (PSTI Unila). Tujuan dari penelitian ini adalah mampu menerapkan algoritma Long Short-Term Memory (LSTM) pada chatbot informasi akademik di PSTI Unila dan menunjukkan keakuratan dari algoritma tersebut. Penelitian ini terdiri dari 4 tahap: pengumpulan dan eksplorasi data, persiapan data, pembangunan dan pelatihan model, serta pengujian model. Model telah diuji dengan metode user validation yang mendapatkan akurasi sebesar 99%. Dengan hasil akurasi tersebut, maka model ini cukup layak untuk digunakan sebagai tempat mahasiswa – mahasiswi untuk bertanya seputar informasi akademik PSTI Unila. Kata Kunci : Chatbot, informasi akademik, Long Short-Term Memory, User Validation.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Informatika
Pengguna Deposit: 2208673337 . Digilib
Date Deposited: 22 Aug 2022 03:08
Terakhir diubah: 22 Aug 2022 03:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65316

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir