PENGARUH E-LKPD DALAM LIVEWORKSHEET BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMP NEGERI 45 BANDAR LAMPUNG

Otis Aprillia Abu Bakar Chaniago, 1813024021 (2022) PENGARUH E-LKPD DALAM LIVEWORKSHEET BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMP NEGERI 45 BANDAR LAMPUNG. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK OTIS APRILLIA ABU BAKAR CHANIAGO.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img] File PDF
FULL SKRIPSI OTIS APRILLIA ABU BAKAR CHANIAGO.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2970Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN OTIS APRILLIA ABU BAKAR CHANIAGO.pdf

Download (2581Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-LKPD dalam liveworksheet berbasis pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran biologi di SMP Negeri 45 Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII (tujuh) SMP Negeri 45 Bandar Lampung yang berjumlah 116 orang pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh sampel 59 orang dari kelas 7.1 sebanyak 30 dan kelas 7.3 sebanyak 29 orang. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes kemampuan berpikir kritis, pelaksanaan wawancara guru, dan angket tanggapan siswa. Data kemampuan berpikir kritis dianalisis dengan n-gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independen sampel t-test, sedangkan data angket dan wawancara dianalisis secara deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis yang nyata di antara siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (Sig. < 0,05). Perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa disebabkan oleh proses pembelajaran dan bahan ajar yang digunakan serta siswa belum terbiasa mengerjakan soal-soal berpikir kritis dan guru belum mengoptimalkan kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Adapun rerata nilai kemampuan berpikir kritis siswa yang diberikan E-LKPD dalam liveworksheet lebih tinggi daripada yang tidak diberikan E-LKPD dalam liveworksheet. Kata kunci: berpikir kritis, pendekatan saintifik, E-LKPD, pembelajaran biologi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2208592842 . Digilib
Date Deposited: 22 Aug 2022 08:44
Terakhir diubah: 22 Aug 2022 08:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65390

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir