PENGARUH BAHAN AJAR BERBASIS TPACK TERHADAP PENGUATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (CRITICAL THINKING) PESERTA DIDIK DI SMAN 1 PRINGSEWU

KARTIKA HANIF NABILA, 1813032012 (2022) PENGARUH BAHAN AJAR BERBASIS TPACK TERHADAP PENGUATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (CRITICAL THINKING) PESERTA DIDIK DI SMAN 1 PRINGSEWU. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3135Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2214Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis TPACK terhadap penguatan keterampilan peserta didikdi SMA Negeri 1 Pringsewu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan pendekatankuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik di SMA Negeri 1 Pringsewu. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 responden yang terdiri dari36 responden kelas eksperimen dan 34 responden kelas kontrol. Teknik penghitungan data menggunakan bantuan SPSS versi 22. Berdasarkan hasil perhitungan uji paired sample t Test dan uji Independent Samples Test yang digunakan dalam penelitian ini dihasilkan bahwa terdapat pengaruh adanya penggunaan bahan ajar berbasis TPACK terhadap penguatan keterampilan berpikir kritis peserta didik di SMA Negeri 1 Pringsewu yang berdasarkan uji N-Gain Score mempunyai efektifitas sebesar 59,9 % yang dapat dikategorikan cukup efektif. Kemudian terdapat perbedaan yang signifikan atau nyata antara rata-rata hasil posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berarti menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil penguatan keterampilan berpikir kritis antara kelas eksperimen yang menggunakan bahan ajar berbasis TPACK dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan bahan ajar berbasis TPACK. Kata Kunci : Bahan Ajar Berbasis TPACK, Keterampilan Berpikir Kritis

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: 2208578803 . Digilib
Date Deposited: 23 Aug 2022 00:47
Terakhir diubah: 23 Aug 2022 00:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65392

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir