PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA PROBLEM CARD TERHADAP SIKAP PEDULI KAWASAN KONSERVASI TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS (Studi Eksperimen Peserta Didik SMP Negeri 1 Labuhan Ratu Lampung Timur)

Fika Ambarwaty, 1813024038 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA PROBLEM CARD TERHADAP SIKAP PEDULI KAWASAN KONSERVASI TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS (Studi Eksperimen Peserta Didik SMP Negeri 1 Labuhan Ratu Lampung Timur). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (351Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKPRISI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (24Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (19Mb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA PROBLEM CARD TERHADAP SIKAP PEDULI KAWASAN KONSERVASI TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS Oleh FIKA AMBARWATY Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model Problem Based Learning berbantu media problem card terhadap sikap peduli kawasan konservasi Taman Nasional Way Kambas, menentukan dimensi sikap, serta dimensi pengetahuan manakah yang paling dikuasai peserta didik untuk meningkatkan sikap peduli kawasan konservasi Taman Nasional Way Kambas. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain pretest-postest non- equivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 peserta didik yang terbagi dalam kelas VII 5 sebagai kelas kontrol dan VII 6 sebagai kelas eksperimen yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif yang berupa nilai sikap peduli TNWK dan hasil belajar kognitif peserta didik yang merupakan data pendukung dari proses penerapan model pembelajaran. Data diperoleh dari angket sikap dan tes materi pencemaran lingkungan yang dianalisis secara statistik menggunakan uji One Way Anova dan uji Independent Sample T-Test pada taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media problem card terhadap sikap peduli kawasan konservasi Taman Nasional Way Kambas yang ditunjukan dengan nilai signifikasi sebesar 0,004. Dimensi sikap yang paling dikuasai peserta didik adalah dimensi “kognisi” sedangkan dimensi pengetahuan yang paling dikuasai peserta didik untuk meningkatan sikap peduli kawasan konservasi Taman Nasional Way Kambas adalah dimensi “faktual”. Kata kunci: model problem based learning, problem card, sikap peduli TNWK

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2208443162 . Digilib
Date Deposited: 23 Aug 2022 02:13
Terakhir diubah: 23 Aug 2022 02:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65419

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir