PERSEPSI ORANG TUA DAN GURU TERHADAP KEBIJAKAN SISTEM ZONASI SEKOLAH

Eva Dwi Puspitasari, 1653053022 (2022) PERSEPSI ORANG TUA DAN GURU TERHADAP KEBIJAKAN SISTEM ZONASI SEKOLAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (503Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1477Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1340Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan pemerataan pendidikan di Indonesia kemudian muncul dalam bentuk kesenjangan dari aspek mutu pendidikan dan layanan pendidikan, kesempatan mengembangkan potensi peserta didik dan perbedaan sarana dan prasarana antara satu sekolah dengan sekolah lainnya, termasuk munculnya gejala "sekolah favorit" dan “non favorit” dalam pendidikan dasar dan menengah. Upaya pemerintah untuk peningkatan dan pemerataan pendidikan di Indonesia salah satunya yaitu dengan mengeluarkan Permendidkbud No. 51 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Menengah Kejuruan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan persepsi orang tua dan pendidik terhadap sistem zonasi sekolah dasar di Sekolah Dasar Negeri 3 Kampung Baru yang berfokus pada respon, pendapat dan penilaian terhadap sistem zonasi Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menemukan bahwa:1) respon orang tua dan pendidik terhadap kebijakan sistem zonasi ada yang setuju/positif dan tidak setuju/negative. 2). Pendapat orang tua dan pendidik terhadap kebijakan sistem zonasi menuai tanggapan positif dan negative. 3). Penilaian orang tua dan pendidik terhadap kebijakan sistem zonasi mempunyai dampak baik positif maupun negative. Kata Kunci : persepsi, pendapat, penilaian, respon, sistem zonasi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2208829281 . Digilib
Date Deposited: 23 Aug 2022 03:08
Terakhir diubah: 23 Aug 2022 03:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65435

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir