Veranita, Anggun (2022) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN PRAKTIKUM BERBANTUAN APLIKASI TONE GENERATOR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI RESONANSI GELOMBANG BUNYI. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (179Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (6Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2774Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains (KPS) siswa setelah diberikan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan praktikum berbantuan aplikasi Tone Generator pada materi resonansi gelombang bunyi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling terdiri dari satu kelas. Desain penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Data KPS siswa yang terintegrasi dengan materi resonansi gelombang bunyi diperoleh dari nilai pretest dan posttest. Teknik analisis menggunakan uji N-gain dan uji hipotesis dengan menggunakan Paired Sample T-Test. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig.(2-tailed) kurang dari 0,05 dengan taraf kepercayaan 95% dan diperoleh nilai dari hasil uji N-gain sebesar 0,58 yang terkategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh peningkatan indikator KPS yang mecakup kemampuan mengamati dengan N-gain yang memiliki kategori tinggi, dan kemampuan menyusun hipotesis, merencanakan percobaan, menggunakan alat dan bahan, menerapkan konsep, dan mengomunikasikan meningkat dengan N-gain yang memiliki kategori sedang. Oleh karena itu diperoleh hasil bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan praktikum berbantuan aplikasi Tone Generator terbukti dapat meningkatkan KPS siswa pada materi resonansi gelombang bunyi. Kata kunci: keterampilan proses sains, pendekatan saintifik, praktikum, tone generator
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 2208705189 . Digilib |
Date Deposited: | 24 Aug 2022 03:50 |
Terakhir diubah: | 24 Aug 2022 03:50 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65522 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |