PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Rani Rahayu, 1813053058 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (4049Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR Oleh RANI RAHAYU Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA peserta didik kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media video terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Bulurejo. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 48 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu dengan jumlah 48 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan non tes berupa dokumentasi serta observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran discovery learning berbantuan media video terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Bulurejo. Kata Kunci : discovery learning, hasil belajar IPA, media video ABSTRACT THE EFFECT OF DISCOVERY LEARNING MODEL ASSISTED BY VIDEO MEDIA TO SCIENCE LEARNING RESULT IN STUDENTS CLASS IV ELEMENTARY SCHOOL By RANI RAHAYU The problem in this research was the low science learning result of fourth grade elementary school students. The study aims to analyze and describe the effect of discovery learning model assisted by video media on science learning result for fourth grade students of SD Negeri 2 Bulurejo. The research method is a quasiexperimental research design with a non-equivalent control group design. The population of the study was all fourth grade students which consited 48 students. This research used purposive sampling technique namely taking samples with certain considerations of 48 students at SD Negeri 2 Bulurejo. Data collection techniques used test and non-test in the form of documentation and observation. Analysis of the data used simple linear regression test. The results of the study showed that there was a significant effect of the discovery learning model assisted by video media on science learning result of fourth grade students of SD Negeri 2 Bulurejo. Keywords: discovery learning, science learning result, video media.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2208081637 . Digilib
Date Deposited: 26 Aug 2022 01:09
Terakhir diubah: 26 Aug 2022 01:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65670

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir