PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA(Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tulang Bawang Barat Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022)

Haura Nabilah, 1813021032 (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA(Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tulang Bawang Barat Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1068Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1027Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan alat peraga terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tulang Bawang Barat semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh siswa kelas VIII-E sebanyak 31 siswa dan VIII-F sebanyak 32 siswa sebagai sampel. Metode pada penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model problem based learning berbantuan alat peraga lebih baik dari siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, pembelajaran yang menggunakan model problem based learning berbantuan alat peraga berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: problem based learning, alat peraga, kemampuan pemecahan masalah matematis.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2208507813 . Digilib
Date Deposited: 26 Aug 2022 08:20
Terakhir diubah: 26 Aug 2022 08:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65733

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir