PENGARUH PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) TERHADAP SIKAP PEDULI KAWASAN KONSERVASI TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS

Milenia Nurfitri , 1813024011 (2022) PENGARUH PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) TERHADAP SIKAP PEDULI KAWASAN KONSERVASI TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF (Siapa pun)
ABSTRAK.pdf

Download (105Kb) | Preview
[img] File PDF (Hanya staf)
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1594Kb)
[img]
Preview
File PDF (Siapa pun)
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1710Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan science, technology, engineering and mathematics (STEM) berbantu video pembelajaran terhadap sikap peduli TNWK serta menentukan dimensi sikap dan pengetahuan yang paling dikuasai peserta didik dalam meningkatkan sikap peduli TNWK. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan rancangan pretest dan posttest. Sampel penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 1 Braja Selebah yaitu kelas VII.2 sebagai kelas kontrol dan kelas VII.5 sebagai kelas eksperimen yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data yang diperoleh yaitu data sikap peduli TNWK yang dianalisis secara statistik menggunakan uji one way ANOVA serta data hasil belajar kognitif sebagai data pendukung yang dianalisisi menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan pendekatan STEM berbantu video pembelajaran terhadap sikap peduli TNWK dan terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar kognitif antara kelas kontrol dan eksperimen (Sig. 0,000 ˂ 0,05). Selanjutnya, untuk mengetahui dimensi sikap dan pengetahuan yang paling dikuasai peserta didik dalam meningkatkan sikap peduli TNWK digunakan uji rata-rata. Berdasarkan uji rata-rata, dimensi sikap yang paling dikuasai peserta didik adalah dimensi kognitif dan dimensi pengetahuan yang paling dikuasai peserta didik adalah dimensi faktual. Kata Kunci : STEM, Video Pembelajaran, Sikap Peduli TNWK, Hasil Belajar Kognitif

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2208473345 . Digilib
Date Deposited: 26 Aug 2022 07:19
Terakhir diubah: 26 Aug 2022 07:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65778

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir