ANALISIS PENGARUH REFORMASI PENDIDIKAN TERHADAP CAPAIAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS) NOMOR 4 DAN KONDISI PERDAMAIAN SERTA KESEJAHTERAAN NEGARA

Nabillah Audia Putri Utami, 1616071036 (2022) ANALISIS PENGARUH REFORMASI PENDIDIKAN TERHADAP CAPAIAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS) NOMOR 4 DAN KONDISI PERDAMAIAN SERTA KESEJAHTERAAN NEGARA. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1784Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1269Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pendidikan dalam sejumlah teori dan disebutkan oleh para ahli merupakan salah satu alat penting untuk mencapai berbagai tujuan pembangunan sosial dan ekonomi negara, seperti perdamaian dan kesejahteraan. Di satu sisi, negara-negara telah melakukan upaya reformasi besar-besaran pada pendidikannya selama 50 tahun terahkhir bahkan ikut mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 4 mengenai pendidikan adil dan inklusiv sebagai tujuan bersama yang harus di capai, yang menjukkan keseriusan negara dalam mengembangkan pendidikannya. Namun, ditengah kondisi tersebut pada banyak negara upaya tersebut tidak sejalan dengan tingkat pencapaian indeks perdamaian maupun kesejahteraan; dimana pembangunan pendidikan yang baik, belum tentu memiliki tingkat kesejahteraan yang baik pula. Berdasarkan hal tersebut tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh reformasi pendidikan terhadap capaian SDGs nomor 4 dan kondisi perdamaian serta kesejahteraan negara. Penelitian ini untuk menjawab pertanyaan tersebut dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, kemudian menggunakan teknik pengumpulan data studi dokumentasi dan studi pustaka, serta teknik analisisnya adalah regresi multinominal untuk menguji pengaruh antara total empat variabel dengan 10 faktor di 147 negara. Analisis dilakukan pada tiga jalur karena melibatkan dua variabel dependen dan satu variabel intervening. Penelitian ini mendapati bahwa reformasi pendidikan negara memimiliki pengaruh terhadap capaian SDGs nomor 4, perdamaian, dan kesejahteraan dengan kekuatan menjelaskan perubahan yang terjadi pada masing-masingnya sebesar 27%, 70%, dan 76%. Di satu sisi faktor reformasi pendidikan yang paling besar pengaruhnya adalah pendanaan pendidikan dan akuntabilitas pendidikan. Kata kunci: reformasi pendidikan, Sustainable Development Goals, Perdamaian, Kesajahteraan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi S1-Hubungan Internasional
Pengguna Deposit: 2208429755 . Digilib
Date Deposited: 29 Aug 2022 00:51
Terakhir diubah: 29 Aug 2022 00:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65789

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir