UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 JAGABAYA 1 BANDARLAMPUNG

, Hj. HARYATI (2011) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 JAGABAYA 1 BANDARLAMPUNG. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Asbtrak.pdf - Published Version

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Menyetujui.pdf - Published Version

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf - Published Version

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (193Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (200Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (251Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (203Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (19Kb) | Preview
[img] Archive
PDF.zip - Published Version

Download (473Kb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi efektivitas metode pembelajaran kooperatif dengan diskusi kelompok dalam meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas IV SDN 2 Jagabaya 1 Bandar Lampung. Penelitian tindak kelas (Classroom Action Research) ini dilakukan dalam tiga siklus. Pada tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Di akhir pelaksanaan setiap siklus dilakukan tes prestasi belajar yang terdiri dari 5 soal pilihan jamak 5 soal isian singkat. Skor dari hasil tes tersebut digunakan untuk menentukan pencapaian KKM oleh siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar melalui pembelajaran kooperatif dengan diskusi kelompok. Pada siklus I, rata-rata prestasi belajar IPS adalah 64,04 dan jumlah siswa yang mencapai KKM 52%. Pada siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 69,76 dan ketuntasan siswa menjadi 72%. Pada siklus III, rata-rata prestasi siswa meningkat menjadi 74,68 dan ketuntasan yang dicapai menjadi 84%. Sehubungan dengan itu, maka dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS meningkat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif melalui diskusi kelompok pada kelas IV SDN 2 Jagabaya 1 Bandar Lampung. Kata kunci: Prestasi belajar, Pembelajaran IPS, Pembelajaran Kooperatif dan Diskusi Kelompok.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > BF Psychology
Hukum Pidana > Agama > BF Psychology

L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 23 Jan 2014 03:46
Last Modified: 23 Jan 2014 03:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/658

Actions (login required)

View Item View Item