, Hj. HARYATI (2011) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 JAGABAYA 1 BANDARLAMPUNG. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Cover.pdf - Published Version Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Asbtrak.pdf - Published Version Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Menyetujui.pdf - Published Version Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pengesahan.pdf - Published Version Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (193Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (200Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (251Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (203Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (19Kb) | Preview |
|
Archive
PDF.zip - Published Version Download (473Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi efektivitas metode pembelajaran kooperatif dengan diskusi kelompok dalam meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas IV SDN 2 Jagabaya 1 Bandar Lampung. Penelitian tindak kelas (Classroom Action Research) ini dilakukan dalam tiga siklus. Pada tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Di akhir pelaksanaan setiap siklus dilakukan tes prestasi belajar yang terdiri dari 5 soal pilihan jamak 5 soal isian singkat. Skor dari hasil tes tersebut digunakan untuk menentukan pencapaian KKM oleh siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar melalui pembelajaran kooperatif dengan diskusi kelompok. Pada siklus I, rata-rata prestasi belajar IPS adalah 64,04 dan jumlah siswa yang mencapai KKM 52%. Pada siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 69,76 dan ketuntasan siswa menjadi 72%. Pada siklus III, rata-rata prestasi siswa meningkat menjadi 74,68 dan ketuntasan yang dicapai menjadi 84%. Sehubungan dengan itu, maka dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS meningkat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif melalui diskusi kelompok pada kelas IV SDN 2 Jagabaya 1 Bandar Lampung. Kata kunci: Prestasi belajar, Pembelajaran IPS, Pembelajaran Kooperatif dan Diskusi Kelompok.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 23 Jan 2014 03:46 |
Terakhir diubah: | 23 Jan 2014 03:46 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/658 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |