PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS POWTOON DALAM PEMBELAJARAN PUISI KELAS VIII SMP

Jordy Gusnovan, 1653041011 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS POWTOON DALAM PEMBELAJARAN PUISI KELAS VIII SMP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - Rocket Digital.pdf

Download (6Mb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Rocket Digital.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Rocket Digital.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi powtoon pada pembelajaran teks puisi di sekolah menengah pertama (SMP) dan kelayakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran pada pembelajaran menelaah unsur-unsur pembangun puisi dan menyajikan teks puisi kelas VIII SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian dan pengembangan research and development (R&D). Prosedur pengembangan dilakukan berdasarkan teori Borg and Gall yang disederhanakan menjadi 5 tahap yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) tahap validasi desain, dan, (5) revisi produk. Indikator pencapaian kompetensi yang ingin dicapai 3.8 menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi (perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dll) yang diperdengarkan atau dibaca, 4.8 menyajikan gagasan, perasaan, dan pendapat dalam bentuk teks puisi secara tulis/lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi. Teknik pengumpulan data dalam iii penelitian ini ialah wawancara, angket ahli materi, angket ahli media, dan angket praktisi. Penelitian ini menghasilkan produk media animasi berbasis powtoon untuk pembelajaran unsur-unsur teks puisi pada kelas VIII SMP. Hasil validasi menunjukkan sebagai berikut 1) ahli materi memperoleh persentase 78,8% kategori sangat layak, 2) ahli media memperoleh persentase 80% kategori sangat layak, dan 3) praktisi memperoleh persentase 92,72% kategori sangat layak. Dengan demikian, media pembelajaran animasi berbasis powtoon ini dapat dikategorikan layak digunakan. Kata kunci : Media pembelajaran, media animasi berbasis powtoon, teks puisi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: AM.d Firlia Hidayah
Date Deposited: 30 Aug 2022 13:14
Terakhir diubah: 30 Aug 2022 13:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/65881

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir